SDM Balai Jariang Payakumbuh Timur Jadi Bahan Penelitian S2 Mahasiswi Unand

oleh -114 views

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –

Kelurahan Balai Jariang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh menjadi bahan penelitian Liza Syafitri, mahasiswi S2 Fisipol Unand Padang untuk menggali potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di kelurahan tersebut.

Kali ini Ketua Karang Taruna Sopan Santun, Alidioferi dan Sekretaris Tantyo Cipta Adi menerima dengan baik Mahasiswa KKN dengan pembahasan Potensi Pemuda di Kelurahan Baja, Rabu (24/6).

Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi menyebut, saat ini banyak mahasiswa yang melaksanakan KKN dan penelitian, rata-rata yang KKN karena Covid-19, didominasi oleh warga setempat yang kuliah di universitas yang bersangkutan, maka mereka langsung dikirim ke kelurahan-kelurahan.

“Tematik untuk Covid-19, KKN daring,” ujarnya.

Sementara itu di tempat terpisah Lurah Baja Ronal Sutan Parmato mengatakan, untuk mendukung proses penelitian mahasiswi S2 tersebut, dibawa terlebih dahulu mengunjungi perangkat kelurahan seperti RT, RW, dan tokoh masyarakat. Bahkan, termasuk Ketua KAN Fahlevi Mazni yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Payakumbuh.

“Iya, mahasiswa yang sedang penelitian meminta izin ruang agar bisa berkoordinasi mencari data penelitian selama 1 bulan. Kita mendukung agar ada karya nyata ke kelurahan, seperti mahasiswa UGM dulu yang ada hasilnya sumber air,” kata Lurah saat diwawancarai diwawancarai tim media Gugus Tugas Covid-19 Kota Payakumbuh, di Kantor Camat Payakumbuh Timur, Rabu (24/6/2020).

Lurah juga menyebut, hasil penelitian berupa data menjadi hasil penelitian mereka di Baja, ini penting bagi kelurahan untuk mengukur sejauh mana kekuatan SDM-nya.

“Kondisinya, Baja percaya diri karena secara kelembagaan kita berjalan, salah satu organisasi kepemudaan aktif, bahkan sejak kelembagaan dilantik banyak melakukan gebrakan sosial bersama masyarakat,” ungkap Lurah.

Hal ini sesuai keinginan Walikota Riza Falepi untuk menguatkan SDM melalui kelembagaan, ini merupakan salah satu kunci dari kuatnya menghadapi perkembangan yang ada, termasuk bila dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua KT Sopan Santun Alidioferi bersama Sekretaris Tantyo Cipta Adi menyebut siap untuk membantu bersinergi bersama mahasiswa yang sedang melaksanakan penelitian dan KKN.

“Kita siap bersinergi, ini bagus demi Balai Jariang kedepannya, semoga penelitiannya sukses dan sesuai dengan fakta di lapangan,” kata Alidioferi diamini Tantyo Cipta Adi. (doddy sastra)