Sejemput Do’a dari Bocah Difabel untuk Wabup Ferizal Ridwan

oleh -133 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Kali ini, mungkin ada yang berpendapat bahwa, kunjungan Wabup Ferizal Ridwan ke rumah seorang bocah penyandang difabel bernama Muhammad Arif Pratama (12 tahun) pelajar kelas 2 Sekolah Dasar warga Jorong  Pulau Panjang, Nagari Tanjung Balik, Kecamatan Pangkalan, bernuansa politik untuk membangun sebuah pencitraan.

Terserah anda lah. Siapa saja  boleh berpendapat dan menilai bahwa, kunjungan silaturahmi yang akhir-akhir ini getol dilakukan Wakil Bupati Ferizal Ridwan, dalam rangka memanfaatkan waktu senggang disela-sela kunjungan kerjanya ke satu daerah, sejatinya kunjungan tersebut hanya untuk menjalin silaturahmi dengan warga, utamanya dengan warga berkebutuhan khusus atau  penyandang disabilitas dan  difabel, tentunya tak pantas dituding sebagai pencitraan jelang digelarnya Pilkada 2020.

Namun itulah yang dilakukan Wabup Ferizal Ridwan. Disela-sela kegiatan kunjungan kerjanya dalam rangka memantau penanganan Covid-19 yang siaga di perbatasan Sumbar-Riau bersama Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra, Rabu (25/3/2020), Ferizal Ridwan sempat menjambangi seorang bocah penyandang difabel yang tinggal di Jorong  Pulau Panjang, Nagari Tanjung Balik, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketika bertemu dengan bocah bernama Muhammad Arif Pratama putra tercinta pasangan suami-istri Anas dan Enti ini, terlihat Wabup Ferizal Ridwan tidak canggung bercengkrama dengan anak penyandang difabel nan lucu dan cerdas itu.

“Rif, kan lai juo bisa banyanyi. Banyanyi lah ciek, taragak pulo apak mandaya suaro Arif nan merdu tu,” ujar Wabup Ferizal Ridwan sambil mengusap-usap kepala bocah itu penuh kasih sayang.

Hebatnya, ketika diminta untuk melantunkan sebuah lagu, Arif tak malu-malu dan dia langsung mendendangkan sebuah lagu minang yang syairnya mengandung makna tentang beratnya hidup diperantauan dan memendam rindu kepada kampung halaman .

 

Suara Arif yang memang terdengar merdu, membuat orang nomor dua di Kabupaten Limapuluh Kota itu tersenyum dan terhibur, termamsuk Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra yang juga tersenyum menyaksikan kehebatan Arif.

Bahkan, ketika Wabup Ferizal Ridwan meminta Arif melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an, suaranya terdengar sangat indah dan mengagumkan.

“Arif ini adalah anak cerdas dan punya kemampuan mengaji dan hobbi bernyayi. Di sekolah dia juga tergolong anak yang cerdas dan pintar.  Satu hal yang membuat ayah dan ibunya senang dan bangga memiliki Arif, dia adalah anak yang tergolong ‘masin’ lidahnya. Artinya, setiap do’a yang dilapaskannya selalu terkabul,” ujar Walinagari Tanjung Balik Taufik JS berkomentar saat mendampingi Wabup Ferizal Ridwan menjambangi bocah itu.

Setelah puas mendengarkan alunan lagu yang didendangkan Arif. Merasa terhibur dengan suaranya yang indah saat melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an, dan senang setelah menguji kemampuan berpikirnya dengan meminta dia membaca Pancasila, kemudian Wabup Ferizal Ridwan memberikan motifasi agar Arif tumbuh menjadi anak yang pintar, cerdas dan berguna bagi ayah, ibu dan keluarga serta nusa dan bangsa.

“ Arif harus tumbuh menjadi anak yang baik dan cerdas. Kekurangan bukan menjadi halangan atau hambatan bagi seseorang untuk mampu menggapai mimpi dan meraih sebuah kesuksesan,” ujar Wabup Ferizal Ridwan memberikan petuah.

Meski tak lama bercengkrama dengan bocah penyandang difabel itu, namun Wabup Ferizal Ridwan tampak bahagia setelah berhasil mendatangi bocah itu untuk kesekian kalinya.

Jelang pamit dengan ayah dan ibu serta keluarga Arif, Walinagari Tanjung Balik, Taufik JS, sempat bersiloroh kepada Arif dan menanyakan apa doa Arif untuk Pak Wabup Ferizal Ridwan.

“ Arif do’a kan semoga Pak Wabup jadi Bupati,” ujarnya mantap dan semua orang yang hadir dalam kunjungan silaturahmi itu mengamini doa bocah penyandang difabel itu termasuk Wabup Ferizal Ridwan. (doddy sastra)