Sejumlah Nagari di Kecamatan Kamang Baru Terendam Banjir pada Hari Pertama Lebaran

oleh -884 views

Sijunjung, dekadepos. com

Curah hujan tinggi sejak Kamis (13/5) malam hingga Jumat (14/5), mengakibatkan meluapnya air sungai di Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung. Sehingga ratusan rumah di Nagari Kamang dan Nagari Kunang Parit Rantang terendam banjir.

“Lebih kurang 100 unit rumah penduduk terendam banjir di dua nagari tersebut,” ungkap Sekretaris BPBD Sijunjung Roni Sudirman.

Selain itu, kata Roni Sudirman, sejumlah perabotan rumah tangga rusak. Kerugian harta benda saat ini belum bisa ditafsir.

“Untuk sementara tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana ini. Masyarakat butuh bantuan makanan,” terangnya.

BPBD Sijunjung berkoordinasi dengan pihak nagari dan kecamatan setempat, melakukan pembersihan lumpur sisa banjir, penaksiran, dan pendataan. Penanganan bencana itu juga dibantu Satpol PP dan Damkar Sijunjung, Dinas Sosial P3A Sijunjung, Dinas PUPR Sijunjung, Polres Sijunjung, dan Kodim 0310/SSD.

“Kondisi air yang merendami rumah warga saat ini sudah surut,” pungkas Sekretaris BPBD Sijunjung.

Sekaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perumpuan dan Perlindungan Anak (Sosial PP & PA) Kabupaten Sijunjung, Yofritas mengatakan, “bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah saat ini adalah pembersihan rumah dari lumpur dengan mengerahkan armada kendaraan Damkar Sijunjug dan BPBD Sijunjung, untuk bantuan makanan masih belum karena saat ini sedang proses inventarisasi jumlah warga yang terdampak oleh pihak Nagari. (Heru)

No More Posts Available.

No more pages to load.