Selain Covid-19, Cuci Tangan Pakai Sabun Turunkan Penyakit Diare dan Ispa

oleh -34 views
ILUSTRASI: Cuci Tangan Pakai Sabun/istimewa

BERITA KESEHATAN TERBARU: Tak Hanya Cegah Covid-19, Cuci Tangan Pakai Sabun Juga Turunkan Penyakit Diare dan Ispa

Kesehatan, dekadepos.com

Mencuci tangan dengan Sabun disinyalir mampu mencegah penularan covid-19, karena diyakini dapat menghilangkan virus atau bakteri yang menempel pada tangan.

Tak hanya itu, menurut Direktur Kesehatan Lingkungan Vensya Sitohang dalam konferensi pers secara virtual Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, pada Rabu (13/10) mengatakan selain COVID-19 juga dapat menurunkan penyakit diare dan ISPA.

Kedua penyakit ini turun seperti Diare hingga 30% dan ISPA hingga 20%. Dua penyakit tersebut merupakan penyebab utama kematian anak Balita di Indonesia.

Untuk itu ia meminta agar semua orang diamanapun harus melakukan praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)

Akses terhadap fasilitas CTPS harus disertai dengan perilaku CTPS yang benar, yakni setiap orang harus mencuci tangan dengan sabun secara teratur, setiap saat kritis, dan mengikuti teknik mencuci tangan yang benar.

Tak hanya itu, lanjut Vensya, akses terhadap air sanitasi dan kebersihan adalah hak asasi manusia. Setiap orang harus memiliki akses air minum yang aman dan toilet bersih, serta fasilitas kebersihan yang aman.

Sayangnya, belum semua rumah di Indonesia memiliki fasilitas cuci tangan. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 di Indonesia 1 dari 4 orang tidak memiliki fasilitas cuci tangan di rumahnya. Jumlah ini 25% dari populasi atau 64 juta orang Indonesia tidak memiliki akses cuci tangan.

Selain fasilitas CTPS di rumah, ada juga beberapa tempat yang harus ada fasilitas tersebut, antara lain sekolah, fasilitas pelayanan kesehatan, dan tempat-tempat umum seperti mal, pasar tradisional, dan taman. (ril/r/BKPM)

No More Posts Available.

No more pages to load.