Sempat Buang BB, Tiga Pengedar Ditangkap Satresnarkoba Polres Payakumbuh

oleh

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –

Seperti tak pernah habis-habisnya. Peredaran narkoba yang merusak dan mengancam masa depan anak bangsa itu, terus saja bermunculan di Kota Payakumbuh. Buktinya, Kamis (1/4/2021)  tim opsnal Satresnarkoba Polres Payakumbuh kembali berhasil menangkap 3 tersangka pengedar narkoba yang sudah lama menjadi target operasi.

Tak tanggung-tanggung, dalam operasi penangkapan itu anggota Satnarkoba Polres setempat berhasil menangkap tiga pelaku pada lokasi yang berbeda.

“Penangkapan berawal dari informasi masyarakat akan adanya transaksi narkoba. Dari informasi tersebut, anggota Satresnarkoba Polres Payakumbuh langsung bergerak,” unkap Kapolres Payakumbuh Ajun Komisaris Besar Polisi Alex Prawira melalui Kasatresnarkoba Iptu Desneri, Jumat (2/4/2021).

Menurut Kasatresnarkoba Iptu Desneri, ketiga pengedar narkoba yang berhasil ditangkap itu masing-masing berinitial AP (26 tahun) beralamat di Jorong Dusun Tangah, Nagari Kubang Tungkek, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota.

Kemudian, NS (23 tahun) warga Jorong Koto Hilang, Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. Berikut S (24 tahun) warga Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

Dijelaskan Iptu Desneri, kronologis penangkapan berawal dari tersangka AP yang berhasil ditangkap di Padang Tinggi, Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Kecamatan Payakumbuh Barat.

“Dari tangan tersangka AP, anggota Satnarkoba Polres Payakumbuh berhasil menemukan barang bukti 2 paket sabu yang dibungkus dengan plastik bening, 1 kotak rokok merk Esse. Kemudian, kami juga menyita 1 unit sepeda motor merk Jupiter MX tanpa nomor polisi hitam dan 1helai celana panjang jenis jeans,” beber Satnarkoba Iptu Desneri.

Satnarkoba Iptu Desneri juga menyatakan, tersangka AP berencana akan mengantarkan pesanan narkoba tersebut kepada seorang pria.

“Tersangka AP mengaku sudah sering transaksi narkoba,” ulas Satnarkoba Iptu Desneri.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengembangan kasus, ulas Iptu Desneri, anggota Satnarkoba Polres Payakumbuh berhasil pula menangkap 2 tersangka lainnya yakni NS di Payolansek dan S di Jorong Ketinggian, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau.

NS ditangkap setelah membuang paket sabu di dalam tumpukan kain. Sabu tersebut dibuang oleh tersangka atas perintah S ketika dihubungi melalui handphone. Karena S mendapat informasi bahwa polisi baru saja menangkap AP.

Meski awalnya tersangka S berusaha lari saat dia akan ditangkap ke arah Tanjung Pati. Namun, dia kalah lihai dari anggota Satnarkoba Polres Payakumbuh, sehingga dengan mudah tersangka berhasi ditangkap.

“Barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan tersangka berupa 2 paket sabu yang dibungkus dengan plastik bening, 3 unit handphone dan 1 kotak permen merk Happy Dent sebagai tempat penyimpanan paket sabu. Kini, ketiga pelaku sudah mendekam di balik jeruji besi tahanan Mapolres Payakumbuh untuk proses hukum lebih lanjut,” pungkas Satnarkoba Iptu Desneri. (edw)