Sengketa Pemilu di Kab. 50 Kota Berakhir di Tingkat Mediasi

oleh -983 views

Puluh Kota,Dekadepos.com

Sejumlah Sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 terkait penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota yang melibatkan 3 Partai Politik (Parpol) yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Demokrat menemui titik terang melalui Mediasi yang digelar Bawaslu Jumat 24 Agustus 2018. Dalam mediasi tersebut, ketiga Partai Politik sebagai Pemohon yang mengajukan PenyelesaianSengketa Proses Pemilu (PSPP) kepada Bawaslu terhadap KPU sebagai Termohon bisa melengkapi kembali berkas-berkasnya ke KPU Lima Puluh Kota. Penyerahan kembali kelengkapan berkas kekurangan tersebut diserahkan ke kantor Komisi Pemilihan Umum sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Dari hasil mediasi antara KPU dan Partai POLITIK itu penyerahan berkas dilakukan sejak Senin 27 Agustus 2018 hingga Selasa 28 Agustus 2018. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Lima Puluh Kota Masnijon didampingi Komisione KPU, Amfreizer Senin 27 Agustus 2018.

“ Sejak Senin KPU telah menerima kelengkapan berkas Bacaleg dari dua Parpol yang sebelumnya tidak masuk dalam DCS karena Tidak Memenuhi Syarat (TMS).” Sebutnya.

Masnijon juga menambahkan, nantinya berkas kelengkapan yang diserahkan oleh tiga Parpol tersebut akan diverifikasi kembali untuk selanjuntya KPU akan menggelar Rapat Pleno.

Dengan diserahkannya berkas kekurangan kelengkapan Bacaleg oleh Partai Poliitk, maka Bacaleg yang semula tidak masuk dalam DCS, bakal dimasukkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT) untuk ikut dalam pemilihan anggota DPRD Lima Puluh Kota tahun 2019 nanti. (Aldo)