Seorang Mahasiswi di Bukittingi Positif Terpapar Corona

oleh -2.326 views

Bukittinggi, dekadepos.com

Satu lagi warga Bukittinggi dinyatakan positif covid-19. Kali ini, virus itu me nyerang seorang mahasiswi berusia 23 tahun yang tinggal di Kelurahan Manggih Gantiang, Kec.Mandiangin Koto Selayan (MKS) itu diketahui baru pulang dari Jakarta pada bulan April lalu.

Mahasiswi salah satu Perguruan Tinggi di jakarta  itu, pulang dari Jakarta tanggal 24 April 2020 dan ia cukup kooperatif, sebelum pulang kampung ke Bukittinggi, Ia terlebih dahulu mencari tau tentang SOP Penanganan Covid-19 ini. Mulai dari Bandara sampai ke Kelurahan manggih Gantiang,ia duduk dengan menjaga jarak atau Phiscal Distancing.Sesampai di Rumah kedia mannya di kelurahan Mang gih Gantiang,wanita muda berusia 23 tahun itu langsung mengisolasikan dirinya secara  mandiri selama 14 hari.

 Setelah 14 hari,wanita itu melakukan tes Swab yang akan diteliti di lab. Unand Padang.Kamis (7/5),hasil Swab nya keluar, dan hasilnya Wanita Mahasiswi itu dinyatakan positif covid-19.Jumat (8/5) sekitar pukul 01.00 wib dinihari wanita itu dijemput ke rumahnya untuk dibawa ke ruang isolasi RSAM.

Walikota Bukittinggi,H.Ramlan Nurmatias didampingi Wakil Walikota H.Ir wandi di kantor Dinas Kesehatan Bukittinggi,Jumat (8/5) menjelaskan,mahasiswi itu,sebelum pulang kampung,telah berkomunikasi dengan bagian kesehatan.Selan jutnya, tanggal 24 April yang bersangkutan pulang dan langsung isolasi mandiri.

“Sebelum mahasiswi ini pulang kampung tanggal 24 April, dia sudah kontak orang kesehatan dan tanya apa yang harus dilakukannya kalau pulang kampung. Karena dia merasakan batuk kering,sesaat setelah pulang, yang bersangkutan lang sung mengisolasi diri dari keluarganya. Dia sangat Kooperatif, ini yang penting,” jelas Walikota Ramlan Nurmatias.

Setelah hasil swab keluar kemaren (Kamis -red) malam dan positif, warga Kelurahan Manggih Gantiang itu langsung dibawa ke RSAM oleh tim gugus tugas covid-19 Bukittinggi sekityar pukul 01.00 Wib Jumat dini hari. “Hari ini orang tua dan keluarganya juga akan dilakukan swab, dan daerah sekitar itu akan dilakukan penyemprotan disinfektan,” ungkap Walikota Ramlan Nurmatias.

Dengan kembalinya ada yang positif Covid-19, Walikota Ramlan Nurmatias atas nama Pemko Bukittinggi mengimbau warga Bukittinggi untuk tetap waspada. Tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak, pakai masker, rajin cuci tangan dan tingkatkan pola hidup bersih dan sehat.

Sementara itu Direktur RSAM Bukittinggi,Khairul Said yang dihubungi Dekadepos melalui Ponselnya,Jumat (8/5) sore menyebutkan,saat ini ada 20 orang yang diidsolasi di RSAM Bukittinggi.15 orang dari yang 20 orang itu positif Covid-19 atau Corona ,4 orang diantaramnya merupakan warga kota Bukittinggi dan 11 orang berasal dari luar kota Bukittinggi.Sedangkan 5 orang lagi merupakan PDP dan hasil tes Swab nya belum keluar,ujar Khairul Said singkat saja.( edis )