Seorang Warga Tertangkap Tangan Jual Satwa Dilindungi di Padang Pariaman

oleh -456 views
tim BKSDA Sumbar mengamanakan RP diduga menjual satwa dilindungi jenis Owa Ungko. (ist/bksda Sumbar)

BERITA SUMBAR HARI INI: Seorang Warga Tertangkap Tangan Jual Satwa Dilindungi di Padang Pariaman

Padang Pariaman, dekadepos.com

Seorang warga yang beralamat di jalan Usang Sungai Sapih RT.003 RW 003 ke. Sungai Sapih Kec Kuranji Kota Padang berinisial RP ditangkap Tim Balai KSDA Sumbar terkait jual beli hewan dilindungi.

Pria berusia 24 tahun itu diamankan di depan Puskesmas Kayu Tanam kec. 2×11 Kayu Tanam Kab. Padang Pariaman, pada Minggu (31/10) di Padang Pariaman.

Kepala BKSDA Provinsi Sumatera Barat, Ardi Andono mengatakan Pelaku tertangkap tangan melakukan tindak pidana menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup.

Adapun, Barang bukti yang diamakan dari tersangka yakni 1 (satu) ekor anak owa ungko (Hylobates agilis) dalam keadaan hidup, 2 (dua) buah kepala kijang dan 1 (satu) buah kepala rusa yg telah diawetkan.

“Kita menghimbau masyarakat agar tidak menjual dan membeli satwa yang dilindungi baik dalam keadaan hidup maupun mati, menyayangi satwa bukan berarti harus memiliki, namun bisa diarahkan membantu pelestariannya di alam liar,” katanya.

Tersangka dan barang bukti telah diserahkan ke penyidik Polda Sumbar untuk proses lebih lanjut. pelaku terancam pasal 40 ayat (2) juncto Pasal 21 ayat (2) huruf a dan d UU no. 5 tahun 1990 ttg Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman pidana 5 tahun penjara dan denda 100 juta rupiah. (bk/r)

No More Posts Available.

No more pages to load.