Setelah Pecahkan Rekor Dunia, Irfendi Arbi Bakal Terima Penghargaan Lagi

oleh -607 views
Bupati Irfendi Arbi ketika menyerahkan bantuan bagi bocah penderita jantung bocor di Kenagarian-Situjuah, berapa waktu lalu.

LIMAPULUH KOTA,Dekadepos.com

HANYA berselang dua hari usai memecahkan rekor dunia lomba menghias Burger Randang oleh penyandang Disabilitas terbanyak, Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi bakal menerima penghargaan lagi. Kali ini Irfendi akan meraih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM dan Pelayanan Publik Berbasis HAM.

Hal itu sesuai dengan surat keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : M.HH-01.HA.02.02 Tahun 2018 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia pada tahun 2017 yang ditandatangani Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H. Laoly.

Penghargaan itu diperkirakan akan diserahkan Wakil Presiden RI Djusuf Kalla dalam acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke 70 tahun 2018 di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI di Jakarta, Selasa (11/12) siang ini.

Baca Juga: Bupati Irfendi Arbi Terima Penghargaan Peduli Wisata Award

sejumlah tokoh masyarakat mengapresiasi akan diperolehnya prestasi tersebut. Mereka berharap prestasi itu mampu memacu semangat dan motivasi seluruh pihak di daerah ini untuk berbuat lebih maksimal lagi bagi Limapuluh Kota ke depannya.

“Kita senang dan mengacungi jempol buat Bupati Irfendi Arbi yang kembali sukses meraih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM dan Pelayanan Publik Berbasis HAM. Kita berharap penghargaan itu semakin memotivasi seluruh pihak di daerah ini untuk lebih peduli lagi dengan hak asasi manusia,” tutur Ketua Tarbiyah Perti Kabupaten Limapuluh Kota Z Dt. Rajo Mangkuto, M.Pd yang dihubungi di Batu Balang, Selasa (11/12).

Baca Juga: Raih ProKlim 2018, Bupati Irfendi Arbi Dulang 3 Penghargaan Pekan Ini

Pujian serupa juga dilontarkan Ketua Dewan Masjid Kabupaten Limapuluh Kota Akmul DS, SPdI, Dt. Rajo Bagindo. Ia juga berharap penghargaan itu semakin memotivasi seluruh pihak daerah ini lebih meningkatkan perhatiannya terhadap hak asasi manusia, termasuk menuntaskan kasus pemasungan yang gencar di berantas bupati sejak dilantik tahun 2016 lalu.

“Saya melihat selama ini Bupati Irfendi Arbi memang peduli dengan hak asasi manusia. Salahsatu bentuknya, bupati melarang keras pemasungan terhadap para penyandang disabilitas mental dan mengirimnya ke rumah sakit jiwa dan panti,” ujar Akmul.

Selain itu, lanjut Akmul, Bupati Irfendi yang dikenal humanis itu juga senantiasa memperhatikan masalah pelayanan lainnya seperti dibidang kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, serta hak-hak masyarakat lainnya.

Baca Juga : Dukung Program Genre, Bupati Irfendi Arbi Raih ABG Award

Sementara itu Bupati Irfendi Arbi yang dihubungi via telepon mengaku sangat bersyukur akan diperolehnya kembali penghargaan HAM tersebut. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan peduli dengan penegakan HAM di daerah ini.

“Alhamdulillah, kita bakal mendapatkan penghargaan kabupaten peduli HAM kembali. Bukansaja sekarang, tahun lalu kita juga mendapatkan penghargaan yang sama. Kita berharap prediket peduli HAM yang diraih ini menjadi motivasi bagi kita untuk terus berusaha lebih masimal lagi dalam meningkatkan pemenuhan hak-hak asasi manusia di Kabupaten Limapuluh Kota,”ujar Irfendi.