Siapkan Tim Cyber, Polres Payakumbuh Ingatkan Warga Tak Sebar Hoax Corona

KOMPOL. Arie, Wakapolres Payakumbuh.

Payakumbuh, Dekadepos.com

Mengantiispasi penyebaran berita bohong (Hoax) terkait Virus Corona atau Covid-19, Wakapolres Payakumbuh, Kompol Arie menghimbau dan mengingatkan masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang diterima sebelum dipastikan kebenarannya. Selain itu, Wakapolres juga terus mengingatkan Masyarakat untuk terus menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh, sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit termasuk Virus Corona yang telah banyak menelan korban nyawa di berbagai Negara di dunia.

Kompol Arie juga menyebut bahwa Polres Payakumbuh juga telah  menyiapkan Tim Cyber untuk menindaklanjuti Hoax yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Masyarakat juga dingatkan untuk tidak langsung membagikan informasi yang diterima melalui media sosial, jika kebenaran informasi tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Hal tersebut diungkapkan Kompol Arie baru-baru ini, ia juga menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan keluarga dan  menjaga kebersihan lingkungan.

“ Untuk kasus Corona kita lakukan sesuai pentunjuk dari pimpinan, masyarakat kita himbau untuk tidak mudah percaya dengan berita tentang Corona yang belum bisa dipercaya kebenarannya, selain itu jangan langsung share atau membagikan informasi-informasi yang belum tentu benar. Kita sudah siapkan tim Cyber untuk menanganai masalah Hoax, jika ditemukan akan langsung kita tindaklanjuti.” Sebutnya.

Ia juga menambahkan, pelaku penyebar Hoax bisa diancam dengan Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE). Sebelumnya, Tim Gabungan Bersama Pencegahan Corona di Kota Payakumbuh melakukan penyemprotan Disenfektan di Toko-toko yang ada di Pusat Kota Payakumbuh. Penyemprotan tersebut dilakukan menggunakan sejumlah peralatan sederhana, diantaranya sempotran untuk pertanian, bekas botol strika dan lainnya. Selain di Pusat Toko di Pasar Payakumbuh, penyemprotan juga dilakukan di Pasar Tradisional Ibuah pada malah harinya. (Edw).