Sijunjung Masih Zero Covid 19, Pemkab Perketat Pengawasan

oleh -54 views

Sijunjung, dekadepos.com

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, drg. Ezwandra menyampaikan bahwa Kabupaten Sijunjung masih zero (nol) pasien Covid-19. Meskipun demikian, seluruh lapisan pemerintah mulai dari tingkat nagari sampai kecamatan, tetap melakukan sesuai dengan prosedur yang ada.

“Dari delapan Kecamatan di Kabupaten Sijunjung, per tanggal 4 Mei 2020, total orang notifikasi sebanyak 5688 orang, total notifikasi selesai dipantau sebanyak 4501 orang, total yang selesai dipantau sebanyak 183 orang. Alhamdulillah, dari data itu tidak ada satupun pasien positif terjangkit Corona,” ujarnya saat jumpa pers dengan wartawan liputan Sijunjung,  Senin (4/5/2020)

Lebih lanjut disebutnya, pasien yang terjangkit covid-19 memang tidak ada di Sijunjung. Namun, diantaranya Orang Dalam Pemantauan (ODP) masih ada sebanyak sembilan (9) orang yang sedang isolasi mandiri dirumah masing-masing, satu (1) orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ringan menjalani isolasi mandiri di RSUD Sijunjung.

Selain itu, satu (1) orang PDP yang dirujuk ke RS M Jamil Padang sudah pulang, sekarang melakukan karantina mandiri dirumah, serta ada dua (2) orang tanpa gejalah (OTG) Covid-19 sedang menjalani karantina mandiri dirumahnya, sekarang dalam pemantauan tim kesehatan.

“Mari kita berdoa semoga Allah SWT menjauhkan wabah covid-19 ini dari kita semua, dengan harapan kedepannya Kabupaten Sijunjung tidak ada yang terpapar virus corona,” pungkasnya.

Senada, bupati Sijunjung, Yuswir Arifin menyebutkan selama ini pencegahan Covid 19 didukung masyarakat setempat. 

Menurutnya, selama ini masyarakat selalu kompak saling menjaga wilayah, termasuk pemantauan terhadap perantau yang pulang kampung.

“Masing-masing tim Gugus dari bawah hingga ke atas dapat mendata secara optimal, sehingga warga itupun diminta untuk menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya,” tutupnya. (heru)