SMA N 1 Situjuah Kembangkan Pustaka Digital

oleh -404 views

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, Kepala SMA N 1 Situjuah Kecamatan Situjuah Limo Nagari (SIMONA) Kabupaten Limapuluh Kota, Sofia Majid, S.Pd melakukan terobosan agar minat baca siswa/i terus bertambah. Sebab seiring kemajuan zaman, perobahan pola hidup remaja yang tak bisa lepas dari pengaruh Teknologi, terutama penggunaan Handphone.

Memanfaatkan peluang tersebut, pihak sekolah mengembangkan budaya baca, dari baca buku di Pustaka menjadi Pustaka Digital, sehingga bisa diakses warga sekolah dimana saja mereka berada. Baik dilingkungan sekolah maupun dirumah setelah jam pelajaran usai.

Saat ini sejumlah sarana dan prasarana pendukung terus dipersiapkan pihak sekolah. Mulai dari sistem komputerisasi, tenaga manusia/petugas maupun sarana lainnya. Pustaka digital tersebut direncanakan akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

” Perpustakaan sekolah sesuai dengan fungsinya merupakan pusat informasi yang sangat berpengaruh bagi peningkatan kualitas pendidikan. Kenyataan hampir bahwa semua sekolah yang memiliki reputasi baik, memiliki perpustakaan yang baik pula. Pada tahun 2021 ini perpustakaan SMA N 1 Situjuah Limo Nagari berubah/kita wujudkan menjadi perpustakaan digital.” Sebut Sofia Majid, Rabu siang, 22 September 2021.

Ia juga menambahkan, meski beralih ke Pustaka Digital, pihak sekolah tidak serta merta meninggalkan Pustaka sebelumnya. Warga yang sekolah yang masih betah dengan membaca buku langsung di ruangan Pustaka atau dibawa pulang, akan tetap dilayani.

” Pada tahun 1984 perpustakaan SMAN 1 Situjuah Limo Nagari berdiri, dipimpin oleh bapak Asril Tamin. Pada saat itu perpustakaan mempunyai ruangan yang sangat kecil dengan ukuran 3×3. Beberapa tahun kemudian perpustakaan sedikit demi sedikit telah mengalami kemajuan, dan pada tahun 1992 perpustakaan pindah ke ruangan yang cukup besar dengan ukuran 153×13, dan hingga kini terus kita benahi” tambahnya.

Sementara terkait kunjungan ke Pustaka, tiap harinya diperkirakan mencapai 72 Orang perhari. Tak hanya buku pelajaran, di ruang perpustakaan maupun pustaka digital terdapat buku-buku berbagai jenis.

” Koleksi buku digital kita mencapai 15.940 Rb Buku, sementara untuk koleksi buku cetak ada 10.455 rb Buku. Kita berharap koleksi tersebut terus bertambah.

Nantinya, bagi warga sekolah sekolah/masyarakat yang ingin mengakses buku di Pustaka Digital, mereka bisa di akses dengan mengklik Simonalibrary.com (Edw).

No More Posts Available.

No more pages to load.