SMA Praja Nusantara Gelar Penilaian Kinerja Kepala Sekolah 

Padang, Dekadepos.com

SMA Praja Nusantara Sumatera Barat melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) perdana pada Rabu 6 Desember 2023 di Kampus 2 Tugu Hitam Padang.

Ketua Yayasan SMA Praja Nusantara Sumatera Barat, Defi Endri, menyampaikan bahwa SMA Praja mengikuti PKKS sebagai persiapan untuk akreditasi sekolah tahun depan. Tujuan utama juga melibatkan pengukuran kinerja Kepala Sekolah serta menilai kemampuan dan kinerja Guru Tugas Khusus (GTK).

“SMA Praja berpartisipasi dalam PKKS bukan semata-mata untuk nilai, melainkan sebagai langkah persiapan menuju akreditasi pada Tahun 2024 mendatang.” Ucapnya.

Vivin Novianti didampingi Syaiful sebagai tim penilai, menjelaskan bahwa PKKS merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh semua sekolah, baik negeri maupun swasta, sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Riset, dan Teknologi. Vivin menekankan pentingnya pelaksanaan PKKS, menyatakan,

“Sekolah yang enggan menjalankan PKKS harus menyampaikan surat pernyataan kepada Cabdin masing-masing.” Jelasnya.

Vivin juga memuji semangat luar biasa SMA Praja dalam menyiapkan borang PKKS dan merapihkan arsip di map folder.

“Kami jarang menemukan sekolah lain yang sudah merapihkan borang sesuai petunjuk PKKS dengan sedetail SMA Praja,” tambahnya, yang juga menjabat sebagai Pengawas Dinas Pendidikan Wilayah Cabang Diknas Padangpariaman.

Sementara, Misdawati Pengawas Manajerial SMA Praja dan pengawas pendamping PKKS, menjelaskan bahwa PKKS di SMA Praja Sumbar secara keseluruhan telah dilaksanakan dengan baik, tinggal pada Instrumen GTK dan kurangnya data di bagian Alumi.

“InsyaAllah, ke depan setelah tamatan Praja dan guru-guru mengikuti banyak pelatihan dan diklat keguruan, nilai PKKS Praja akan semakin meningkat,” ungkap Misdawati, yang juga menjabat sebagai pengawas Sekolah Berprestasi.

Misdawati berjanji akan terus membimbing dan memotivasi Kepsek serta guru-guru SMA Praja untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penilaian Tengah Semester (PTS).

Acara PKKS di SMA Praja dihadiri oleh Defi Endri, Ketua Yayasan Binus, Kepala SMA Praja Yogi Gautama, S.AP, wakil kepala sekolah, guru-guru Satminkal, perwakilan siswa, dan Pembina Asrama Praja, serta perwakilan orangtua pada pembukaan dan penutupan kegiatan tersebut. (STM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *