Berita

Sosialisasi Bersama KEMENAKER, Anggota Komisi IX DPR-RI Tekankan Pentingnya Vokasi Bagi Pencari Kerja

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Anggota Komisi IX DPR-RI, Ade Rezki Pratama menekankan pentingnya Vokasi atau keahlian dimiliki oleh generasi muda pencari kerja, sehingga mereka bisa diterima bekerja sesuai bidangnya masing-masing oleh perusahaan, keahlian menurut Ade sangat pentingnya ditengah terus bertambahnya lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Perguruan Tinggi (PY) yang lulus tuap tahun. Dengan memiliki keahlian tertentu, lulusan atau pencari kerja akan cepat diserap oleh perusahaan yang membutuhkan.

Selain Vokasi, yang tak kalah penting yang harus dimiliki generasi muda pencari kerja adalah penguasaan bahasa asing, sebab banyak lowongan pekerjaan di Luar Negeri yang bisa diambil oleh generasi muda yang belum memiliki pekerjaan. Hal tersebut ia ungkapkan saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Pelatihan Vokasi dan Pemagangan yang digelar Kementrian Tenaga Kerja (KEMENAKER) RI di Nagari Situjuah Banda Dalam, Senin sore 6 November 2023.

” Iya, saat ini banyak dinamika disektor ketenagakerjaan, terjadi ketimpangan antara pencari kerja dengan lapangan pekerjaan. Banyak sisw, lulusan dari perguruan tinggi tiap tahunnya, namun tidak ada jaminan mereka akan mendapatkan pekerjaan, hal itu terjadi karena tidak memiliki Vokasi atau keahlian,” ucap Politisi Partai Gerindra itu.

Ade juga menambahkan, Meski mereka (lulusan) memiliki ijazah, namun jutaan orang lainnya juga memiliki ijazah yang sama, sehingga memang dibutuhkan Vokasi untuk mengisi lapangan pekerjaan.

” Ada jutaan lulusan dari SMA, institut maupun perguruan tinggi tiap tahunnya, namun mereka tidak bisa mengisi lapangan pekerjaan karena tidak memiliki keahlian,” tambahnya.

Selain keahlian, yang tak kalah penting menurut Ade yang harus dimiliki oleh pencari kerja adalah oengiasaan bahasa asing, sehingga mereka bisa bekerja di luar Negeri.

Terkait kondisi itu, Komisi IX menurut Ade terus mendorong agar Pemerintah melalui KEMENAKAR untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK) ditiap Provinsi serta Kabupaten dan Kota di Indonesia.

” Kami di Komisi IX terus dorong Pemerintah melalui KEMENAKAR untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK) ditiap Provinsi serta Kabupaten dan Kota di Indonesia, sehingga nantinya lulusan yang ada bisa mengikuti pelatihan untuk mendapatkan keahlian dan ketrampilan, sehingga menjadi tenaga kerja yang memiliki kemahiran.” Tutup Ade.

Camat Situjuah Limo Nagari yang diwakili Sekretaris Camat, Rostianiwati menyambut baik Sosialisasi yang digelar Anggota Komisi IX DPR-RI, Ade Rezki Pratama bersama KEMENAKER sebagai mitra kerjanya. Kegiatan yang digelar akan jadi inspirasi bagi generasi muda, sebab saat ini jumlah pengangguran cukup banyak.

” Ini tentu jadi aspirasi bagi pemuda, sebab saat ini jumlah pengangguran cukup banyak.” Ucapnya Singkat.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Deni Asra yang juga hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi Ade Rezki Pratama melalui program kerjanya yang terus membangun daerah di Sumatera Barat, terutama Kabupaten Limapuluh Kota.

” Sembilan tahun jadi anggota DPR-RI, banyak program yang diperjuangkan Pak Ade untuk masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota, selain percepatan Penanganan Stunting, pembangunan jalan, Jalan Usaha Tani dan Irigasi  juga program bagi generasi muda,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Daerah perlu terus Kolaborasi dengan Pemerintah Pusat, Provinsi dan DPR-RI untuk membangun daerah, sebab banyak tamatan SMA dan perguruan tinggi yang belum dapat pekerjaan.

Sementara Subkoordinator Promosi Kerjasama Pelatihan Vokasi Kementerian Tenaga Kerja RI, Freddy Sinurat mengatakan bahwa pihaknya memiliki banyak Balai Latihan Kerja (BLK) yang tersebar diseluruh Indonesia untuk kembangkan ketrampilan masyarakat sehingga mereka memiliki ketrampilan yang memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan.

” Kita punya ratusan BLK untuk kembangkan ketrampilan masyarakat sehingga mereka memiliki ketrampilan yang memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan, selain itu juga ada BLK Komunitas dengan banyak jenis pelatihan yang digelar,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, pelatihan vokasi diarahkan untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi tenaga kerja agar siap menghadapi dunia kerja dan memiliki produktivitas yang tinggi. Dengan Sosialisasi pelatihan vokasi dan pemagangan yang dilaksanakan bisa menyebarluaskan informasi seputar upaya pemerintah dalam meningkatkan SDM Indonesia.

Selain dihadiri ratusan peserta yang merupakan generasi muda, dalam kegiatan Sosialisasi itu juga hadir Walinagari, Kapolsek Situjuah, dan Bamus dan lainnya. (Edw).

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts