STAIDA PAYAKUMBUH BELAJAR KE IAIN BATU SANGKAR

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Dalam rangka mewujudkan perguruan tinggi yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Qur’an (STAIDA) Payakumbuh melaksanakan studi banding ke Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batu Sangkar, Jum’at (7/9).

Bacaan Lainnya

Kegiatan studi banding ini langsung dipimpin oleh Ketua STAIDA Payakumbuh Ahmad Deski, MA dan sejumlah dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Ilmu Al Qur’an Dan Tafsir (IAT).  Dalam studi banding kali ini, Pimpinan dan dosen STAIDA Payakumbuh akan menjalin kerjasama (MoU) dan belajar banyak hal terkait dengan kurikulum KKNI serta akreditasi kampus.

Ketua STAIDA Payakumbuh, Ahmad Deski, MA menyebutkan bahwa pemilihan Fakultas Tarbiyah IAIN Batu Sangkar sebagai tempat studi banding adalah disamping memiliki prodi yang sama dengan STAIDA Payakumbuh, yaitu Pendidikan Bahasa Arab,  Prodi PBA IAIN Batu Sangkar sudah terakreidtasi A.

“Kita ingin mengikuti langkah Prodi PBA IAIN Batu Sangkar dalam masalah akreditasi ini,” jelasnya.

Rombongan dosen STAIDA  Payakumbuh disambut hangat oleh Pimpinan Fakultas Tarbiyah, dosen dan mahasiswa di aula Fakultas Tarbiyah IAIN Batu Sangkar.  Hadir dalam penyambutan tersebut Dekan Fakultas Tarbiyah, DR. Sirajuddin Munir, Wakil Dekan I DR. Masril, Wakil Dekan III, DR. Fadriatidan Ketua Jurusan PBA, DR. Devy Aisyah.

Ketua STAIDA Payakumbuh, Ahmad Deski, MA dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Dekan beserta Ketua Jurusan yang sudah bersedia meluangkan waktu untuk sharing dan berbagi dengan  STAIDA Payakumbuh.  “Rasanya kami tidak merasa asing berada di IAIN Batu Sangkar ini, karena sambutan yang luar biasa hangat dan ramah dari Bapak/ Ibuk Pimpinan Fakultas. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik dan berkelanjutan pada masa yang akan datang,” harapnya.

Lebih lanjut, Ketua STAIDA Payakumbuh menyampaikan niat untuk menjalin kerjasama (MoU) dengan Fakultas Tarbiyah dalam banyak hal. Terutama dalam hal pendampingan pelaksanaan kurikulum KKNI dan peningkatan akreditasi kampus STAIDA Payakumbuh. “Kita berharap Jurusan PBA IAIN Batu Sangkar bersedia menjadikan Prodi PBA STAIDA Payakumbuh sebagai binaan sehingga pada masa yang akan datang bisa lebih baik lagi,” harap Deski.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, DR Sirajuddin Munir dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan dan dosen STAIDA Payakumbuh yang sudah berkenan menjalin silaturahmi dengan Fakultas FTIK IAIN Batu Sangkar. STAIDA Payakumbuh dan IAIN Batu Sangkar merupakan dua lembaga yang sama sama berada dibawah Kementrian Agama.

“Kedepan kita akan bersinergi dalam mencerdaskan umat. Dan MoU yang kita tandatangani hari ini insya Allah akan kita tindaklanjuti dengan berbagai program, diantaranya kami akan menerima tulisan dosen STAIDA Payakumbuh untuk diterbitkan di Jurnal Ta’dib Fakultas Tarbiyah. Disamping itu, kami akan mendorong calon mahasiswa yang tidak tertampung di PBA IAIN untuk kuliah di PBA STAIDA Payakumbuh dan tentu juga yang berkaitan dengan peningkatan akreditasi kampus dan penerapan kurikulum KKNI, akan kita bantu,” jelasnya. (edw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *