Supardi: Pendataan Masyarakat Miskin Harus Mempertimbangan Kepatutan dan Keadilan

oleh -1.645 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Ketua DPRD Propinsi Sumatera Barat, Supardi, pada pembukaan Bimbingan Teknis Dasar Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dari Kabupaten Limapuluh Kota menyatakan bahwa, anggota PSM harus independensi dan lepas dari intervensi politik.

Pada kesempatan tersebut, kader Partai Gerindra yang juga putra daerah Luak Limopuluah itu, meminta kepada anggota PSM dalam menjalankan tugas saat pendataan masyarakat miskin harus mempertimbangkan kepatutan dan keadilan.

“ Jangan ada istilah PSM family. Artinya, sekeluarga menjadi PSM. Jika ini terjadi, pasti nanti menimbulkan kecemburuan di tengah-tengah masyarakat. Kemudian data yang dihasilkan tentu akurasinya dipertanyakan masyarakat,” ulas Supardi.

Bimtek dasar yang diikuti 137 orang anggota PSM terdiri dari 6 angkatan yakni 3 angkatan untuk anggota PSM Kota Payakumbuh dan 3 angkatan untuk Kabupaten Limapuluh Kota itu, dilaksanakan sejak tanggal 3 sampai 5 September 2021 di hotel Pusako Bukittinggi memanfaatkan anggaran pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Sumbar, Supardi dan dilaksanakan oleh Dinas Sosial Propinsi Sumatera Barat.

Ditekankan Supardi, secara aturan atau regulasi memang tanggungjawab anggota PSM sangatlah besar melakukan pendampingan sosial ke masyarakat, terutama masyaralat miskin dan lansia.

Disamping itu, imbuh Supardi, anggota PSM juga harus melakukan upgrade data sesuai dengan program pemerintah. Hanya saja media untuk PSM saling koordinasi dan menambah wawasan sangat minim. Sementara uang taliasih yang disediakan pemerintah kota dan kabupaten sangat tidak memadai.

“Meski bukan itu yang mereka harapkan, karena dari awal PSM sudah didoktrin sebagai pekerja sosial, tentunya kita berharap pemko dan pemkab menyediakan anggaran untuk Bimtek tiap tahun sebagai sarana komunikasi dan berbagi pengalaman, disamping juga untuk mengatur pembaruan data miskin yang tiap tahun juga harus di evaluasi,” harap Supardi.

Sementara itu Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra yang juga kader dan sekaligus Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Limapuluh Kota yang hadir dalam kegiatan Bimtek PSM tersebut menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPRD Propinsi Sumatera Barat, Supardi yang telah melaksanakan kegiatan Bimtek untuk anggota PSM Kabupaten Limapuluh Kota.

Diakui Deni Asra, Bimtek PSM ini sangat bermanfaat bagi Kabupaten Limapuluh Kota, karena bisa menambah ilmu, kapasitas dan juga bisa mempererat hubungan silaturahmi antar anggota PSM yang tersebar di 79 Nagari.

“Insya Allah, kita sebagai kader Partai Gerindra akan terus menjadi bagian dari PSM dalam menciptakan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Kabupaten Limapuluh kota,” ujar Deni Asra.

Deni Asra juga menyampaikan rasa hormat dan salutnya kepada Ketua DPRD Sumbar Supardi yang selalu kontinue melaksanakan kegiatan pelatihan terhadap Karang Taruna maupun PSM, baik untuk Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.(ds)

No More Posts Available.

No more pages to load.