SWAB Masal Tahap 1 di Payakumbuh, Ratusan Warga Negatif Covid-19

oleh -896 views
Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bakhrizal.

Payakumbuh, Dekadepos.com

Ratusan warga dari lima Kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh telah mengikuti SWAB masal yang digelar di beberapa tempat oleh Jajaran Dinas Kesehatan, dari ratusan warga tersebut hasilnya pemeriksaan sebagiannya negatif. Sementara sebagiannya lainnya masih menunggu keluarnya hasil pemeriksaan.

Selesai SWAB masal tahap 1 yang digelar sejak seminggu lalu, Dinas  Kesehatan merencanakan akan menggelar SWAB lanjutan atau tahap 2 minggu depan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bakhrizal, Rabu 8 Juli 2020. Menurutnya, jumlah warga yang mengikuti SWAB masal pada tahap 1 itu belum memenuhi target. Sehingga akan dilanjutkan.

“ Dalam sepekan terakhir, kita baru bisa melaksanakan SWAB masal terhadap sekitar 700 orang atau kurang dari target awal kita yang mencapai 1679 orang atau 1 persen dari jumlah penduduk. Kita merencanakan SWAB masal tahap 2 Minggu depan.” Sebutnya.

  1. Bakhrizal juga menambahkan, sebelumnya (sebelum SWAB tahap 1.red) juga telah digelar SWAB terhadap 1600 Orang Tanpa Gejala (OTG) dengan hasil 27 orang positif, dimana 7 orang diantaranya berasala/beralamat diluar Kota Payakumbuh. Dan hingga kini, 27 orang tersebut telah kembali sembuh atau negative Covid-19.

“ Dari SWAB yang pertama kali kita gelar terhadap 1600 OTG, kita dapati 27 orang Positif Covid-19, dan Alhamdulillah semuanya telah sembuh. Kita tidak ada lagi warga kita yang positif Covid-19. Kita berharap masyrakat bisa memahami dan patuh terhadap rencana SWAB tahap 2 yang akan kita gelar.” Tutupnya. (Edw).