Tahun ini DISDUKCAPIL Targetkan Perekaman E-KTP Tuntas 100 Persen

oleh -16 views

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL)  Sumatera Barat menargetkan Perekaman KTP Elektronik atau E-KTP di 19 Kabupaten/Kota di Sumbar bisa selesai 100 persen. Untuk itu seluruh Kabupaten/Kota yang ada didorong untuk segera mewujudkan hal tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Kepala DISDUKCAPIL Provinsi Sumbar, Irwan usai kegiatan Rapat Koordinasi (RAKOR) Penyelenggaraan dan Pelaksanaan Administrasi Kependudukan Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat yang digelar disalah satu Aula Hotel di Kawasan Sicincin Kecamatan Payakumbuh Timur, Jumat pagi 9 April 2021.

Selain menargetkan Perekaman E-KTP mencapai 100 persen, DISDUKCAPIL juga terus mendorong Kabupaten/Kotadi Sumbar untuk meningkatkan pelayanan berbagai pelayanan Administrasi Kependudukan (ADMINDUK) kepada masyarakat.

” Kita targetkan Perekaman E-KTP bagi masyarakat yang sudah wajib memiliki identitas kependudukan bisa terwujud 100 persen dalam tahun ini. Untuk itu kita dorong seluruh Kabupaten/Kota bisa bekerja maksimal agar tertib Administrasi Kependudukan secara Nasional bisa terwujud.” Ucap Irwan.

Irwan juga mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumbar untuk menambah anggaran bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Selain dihadiri langsung Kepala DISDUKCAPIL Provinsi Sumbar, Irwan juga hadir Bupati Kabupaten Limapuluh Kota yang diwakili Asisten 1, Dedi Permana, Kepala BKKBN dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Se-Sumatera Barat.

DITENGAH PANDEMI, MAKSIMALKAN LAYANAN ONLINE

Kepala DISDUKCAPIL Kabupaten Limapuluh Kota,  Refilza saat memberikan sambutan menyebutkan bahwa pihaknya terus memaksimalkan layanan Administrasi Kependudukan kepada masyarakat di Limapuluh Kota yang terdiri dari 13 Kecamatan dan ratusan Jorong meski ditengah Pandemi Covid-19.

Layanan tersebut juga berupa layanan Online, sehingga seluruh Masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota yang belum memiliki Administrasi Kependudukan bisa segera melakukan Perekaman.

” Untuk layanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Limapuluh Kota ditengah Pandemi Covid-19 kita memaksimalkan layanan SMART DUKCAPIL online. Sehingga berbagai ketertinggalan bisa kita kejar.” Ucapnya.

Mantan Kepala Dinas Perikanan itu juga menambahkan, saat ini jumlah penduduk di daerah yang berbatasan dengan Provinsi Riau itu mencapai angka 385.946 jiwa yang tersebar di 79 Nagari. Masyarakat yang wajib KTP mencapai 278.448 jiwa, untuk Pihaknya terus melakukan percepatan perekaman e-KTP.

” Saat ini masyarakat yang telah melakukan perekaman e-KTP di daerah kita mencapai angka 98.48 persen dan yang telah memiliki E-KTP mencapai angka 98.42 persen. Sisa ya akan segera kita wujudkan dalam waktu dekat. Perekaman e-KTP juga telah dilakukan di Nagari-nagari dan Kecamatan” Tutupnya.

Sementara Bupati Limapuluh Kota menyebutkan bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Limapuluh Kota harus bekerja keras dalam mewujudkan tertib Administrasi secara Nasional. Termasuk untuk menjalin kerjasama dengan instansi/Dinas lain.

” Kerja keras DISDUCAPIL harus dilakukan bersama Instansi lain dalam mewujudkan tertib Administrasi Kependudukan secara Nasional. Lakukanlah Inovasi dalam pelayanan.” Ucap Dedi Permana.

Dalam RAKOR yang dihadiri 10 perwakilan Walinagari tersebut juga dilaksanakan pemaparan dari dua daerah di Sumatera Barat yang memiliki Inovasi dalam memberikan pelayanan ADMINDUK kepada masyarakat. (Edw).