Tangkal Corona, Kecamatan Latina Dirikan 10 Posko Mandiri di 6 Kawasan Kelurahan

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Untuk menangkal menyebarnya wabah corona atau covid-19, khususnya di kawasan Kecamatan Lampasi Tigo Nagari (Latina), pihak pemerintahan kecamatan bersama pemerintahan Kelurahan serta masyarakat setempat mendirikan 10 Posko Mandiri.

Menurut Camat Latina David Bakri, S.STP, M.Si, kepada tim media Penyebarluasan Informasi Penanganan Covid-19  Kota Payakumbuh  mengatakan bahwa, ke 10 posko mandiri Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Latina mendukung protap yang telah ditetapkan pada pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 2 di Kota Payakumbuh yang akan berakhir pada tanggal 29 Mei 2020. 

” Artinya, seluruh posko-posko mandiri tersebut sudah berjalan dengan efektif sesuai dengan protap penanganan Covid-19,” ungkap David Bakri.

Dijelaskan David Bakri, adapun  posko-posko yang didirikan secara mandiri oleh Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Latina bersama masyarakat tersebut,  tersebar di 6 Kelurahan yakni Kelurahan Koto Panjang Dalam, Koto Panjang Padang, Padang Sikabu, Parambahan, dan Parik Muko Air.

Disamping di enam keluarahan tersebut, ungkap David Bakri, posko penanganan Covid-19 tersebut  juga didirikan di tiga nagari yakni, Nagari Koto Panjang, Nagari Sungai Beringin, dan nagari Parambahan.

“ Hampir ke sepuluh posko tersebut melakukan aktifitas pengawasan terhadap keluar masuk warga masyarakat ke wilayah Latina selama  24 jam,” ujar David Bakri sekaligus membeberkan bahwa jumlah penduduk kecamatan Latina mencapai 10.986 jiwa yang masuk ke dalam 324 KK.

Lebih jauh David Bakri mengungkapkan, dalam rangka menyambut bulan kemenangan hari raya idul Fitri 1441 Hijriah yang jatuh pada tanggal 24-25 Mei 2020, warga Kecamatan Latina akan sudah menyatakan kesepakatan akan melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah masing-masing.

“ Ini sesuai dengan anjuran pemerintah. Kecuali, kalau ada yang yakin  melaksanakannya di mushola atau masjid. Tetapi, dalam kondisi seperti sekarang ini, hal itu tidak dianjurkan,” pungkas David Bakri didampingi Sekretaris Kecamatan Arini Nesaputra dan Zul Mardanus dari Bagian Umum. (doddy sastra)