Terharu Dikunjungi Bupati Safaruddin, Guru Honor yang Mengabdi di Daerah Terkucil Kubang Balambak Menitikan Air Mata

oleh -3.015 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Seperti tak ada lelah, siang menjelang sore, Senin (6/9/2021) Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo pergi jua berkunjung ke kampung terkucil Jorong Kubang Balambak, Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota.

Di daerah pinggiran yang belum sepenuhnya tersentuh infrastruktur jalan beraspal itu, Bupati pilihan rakyat yang sudah bertekad akan membangun dimulai dari daerah pinggiran itu, berkesempatan bertemu murid dan guru yang sedang melaksanakan kegiatan belajar mengaji di sebuah sekolah.  

Mendapat kunjungan dari orang nomor satu di Kabupaten Limapuluh Kota ini, tentu saja membuat para guru yang mengabdi di jorong paling ujung di Kecamatan Mungka tersebut, merasa gembira sekaligus terharu karena mereka tidak menyangka jika Bupati Safaruddin akan berkunjung ke daerah terkucil tersebut.

Baa kaba ibuk-ibuk, iyo lai jadi Pak Bupati datang ka iko,” ujar Bupati Safaruddin membuka percakapan dengan bersiloroh.

Membuktikan janjinya, bahwa Bupati Safaruddin benar-benar datang berkunjung ke jorong Kubang Balambak, guru-guru yang sebagian besar sudah belasan tahun mengabdi sebagai guru honor baik di SD dan SMP di daerah itu, merasa senang dan gembira.

“ Apa harapan ibuk-ibuk kepada Bupati,” tanya Bupati Safaruddin mencoba menelisik keinginan para pahlawan tanpa jasa yang sudah belasan tahun dengan ihklas memberikan pengabdiannya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi anak-anak Jorong Kubang Balambak tersebut.

Dengan menitikan air mata dua orang guru bernama Ilma Yenni dan Sesri Rahayu yang sudah mengabdi selama 15 tahun sebagai guru honor dan Alhamdulliah pada tahun 2021  sudah diangkat menjadi guru P3K, menyampaikan harapan kepada Bupati Safaruddin untuk memperjuangkan nasib guru-guru honor yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota ini.

“ Yo godang harapan kami jo Pak Bupati yang baru ko, agar kawan-kawan yang sudah belasan tahun mengabdi sebagai guru honor ini dapat diangkat menjadi guru P3K,” ujar Ilma Yenni dan Sesri Rahayu menitikan air mata karena terharu dapat menyampaikan harapannya secara langsung kepada Bupati Safaruddin.

Ilma Yenni dan Sesri Rahayu tidak hanya meminta Bupati Safaruddin memperjuangkan nasib guru-guru honor yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota agar mereka diangkat menjadi guru P3K. Namun dua guru wanita itu juga meminta kepada Bupati untuk mengutamakan pembangunan jalan menuju Jorong Kubang Balambak ini.

“ Bayangkan dek Pak Bupati, 2 jam menempuh jalan penuh lumpur ini, kami baru sampai ke sekolah di Kubang Balambak ini,” ujar Ilma Yenni dan Sesri Rahayu meyakinkan Bupati Safaruddin.

Menjawab harapan para guru tersebut, Bupati Safaruddin menyatakan niat baiknya akan berusaha memperjuangkan nasib guru-guru honor yang jumlahnya ribuan orang mengabdi di Kabupaten Limapuluh Kota ini.

“Secara bertahap kita akan memperjuangkan nasib para guru honor ini. Saat ini ada 1215 orang guru honor yang mengabdi di Kabupaten Limapuluh Kota. Empat ratus diantaranya, sudah diangkat menjadi guru P3K. Insya Allah, seluruh guru honor itu akan diperjuangkan dan diangkat menjadi guru P3K, karena saat ini Kabupaten Limapuluh Kota masih kekurangan guru. Yang jelas, saat ini mari kita mengabdi untuk masyarakat dan daerah ini,” ujar Bupati Safaruddin memberikan motivasi.

Dipenghujung percakapan dengan para guru yang mengabdi di daerah terkucil Jorong Kubang Balambak tersebut, Bupati Safaruddin menyatakan bahwa selama pemerintahannya infrastruktur jalan menuju Kubang Balambak ini akan ditingkatkan.

“ Tahun 2021 ini Pemkab sudah membangun jalan dari Jorong Landai, Nagari Harau sampai ke Jorong Kototinggi Nagari Simpang Kapuak sepanjang 3,2 Km. Insya Allah, tahun depan jalan menuju Jorong Kubang Balamkak yang tinggal sepanjang 2,5 km lagi akan ditingkatkan dengan aspal,” ujar Bupati.

Usai berdialog dengan guru-guru tersebut, Bupati Safaruddin didampingi Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra, berkesempatan memberikan bantuan untuk 5 orang guru MDA dan guru Tahfizd yang mengajar di Jorong Kubang Balambak tersebut. (ds)

No More Posts Available.

No more pages to load.