Terkait 1 Warga Positif Corona, Ini Penjelasan Lengkap Walikota Payakumbuh

oleh -12.958 views
Screnshoot vidio conference walikota Payakumbuh bersama awak media terkait warga positif corona.

Payakumbuh, Dekadepos.com

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah itu memberikan keterangan secara resmi kepada wartawan yang bertugas di Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kot.red) terkait informasi Positifnya salah seorang warga berinisal H. EM yang masih menjadi tanya Tanya ditengah-tengah masyarakat.

Walikota didampingi sejumlah anggota Tim Gugus Tugas, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bakhrizal, Kabag Humas Pemko Payakumbuh, Jon Kenedy, Kabid Humas, Hermanto dan lainnya menjelaskan via aplikasi Zoom pada Jumat pagi, 24 April 2020 bahwa memang warga tersebut Positif terkena Virus Covid-19 dan saat ini tengah menjalani perawatan dirumah sakit dr. Achmad Mukhtar Bukitinggi yang merupakan rumah sakit rujukan Corona atau Covid-19.

Walikota juga menjelaskan bahwa pasien itu saat ini tengah menjalani perawatan didampingi istrinya. Untuk langkah antisipasi kedepan, Pemko bersama tim terkait akan melakukan Isolasi terhadap keluaarga inti yang bersangkutan.

“ Iya, memang ada salah seorang warga kita yang positif terkena Virus Covid-19, dan saat ini tengah menjalani perawatan di Bukittingi didampingi sang istri. Untuk langkah antisipasi kedepan kita akan lakukan Isolasi terhadap keluarga inti yang bersangkutan yang  berjumlah dua orang. Jika bisa Isolasi dirumah silahkan, jika tidak akan kita Isolasi ditempat yang kita sediakan.” Ujar Walikota.

Lebih jauh Walikota menyebutkan, pasien itu sebelumnya berobat keselah satu dokter di Kawasan Payakumbuh Barat, Selanjutnya ke Rumah Sakit Islam ibnu Sina hingga terakhir dirawat di Bukitinggi. Untuk dirumah sakit setelah dilakukan pengecekan saat penanganan pasien, pihak petugas medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

“ Kita akan melakukan tracking/pelacakan orang-orang yang berhubungan dengan yang bersangkutan. Tentu akan butuh waktu, sebab yang bersangkutan beraktivitas di pasar. Apalagi sebelumnya ia bolak-balik ke Bukitinggi.” Ucapnya.

BACA JUGA : Satu Warga Payakumbuh Positif Corona

Walikota juga menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, mematuhi PSBB serta tetap berada dirumah. Tim Gugus Tugas juga akan terus bekerja untuk melakukan  langkah-langkah antisipasi lainnya (Edw).