Terkait Banjir, Safaruddin: Sebelumnya Sudah Ada Perencanaan Detail Untuk Diajukan ke BNPB

oleh -98 views

Limapuluh Kota, dekadepos.com

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo akan segera mencari solusi terkait banjir yang sering melanda Kecamatan Pangkalan Koto Baru.

Menurutnya, berapa waktu lalu sudah ada Detail Engineering Design (DED) untuk diajukan ke Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) terkait hal ini.

“Tapi proposal nya tidak kunjung sampai dan membuat anggaran dari pusat tidak turun yang besarannya kurang lebih Rp30 milliar,” kata dia saat mengunjungi warga terdampak banjir di Nagari Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Sabtu (1/5).

Untuk itu, kedepan pihaknya akan melaksanakan survei untuk memastikan penyebab dari banjir di Nagari Manggilang yang sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

“Kita segera menindaklanjuti DED yang sudah ada tersebut dan diharapkan bisa menjadi jawaban dari masalah banjir di Nagari Manggilang,”sebutnya.

Ia berharap jangan sampai nantinya banjir ini menimbulkan korban jiwa dan kerugian materil yang lebih banyak.

“Kita akan berusaha agar banjir ini dapat diatasi, kita minta Wali Nagari untuk mendata secara lengkap warga yang terdampak tahun ini dan dilengkapi dengan data-data banjir tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wali Nagari Manggilang Ridwan mengatakan pada banjir yang terjadi pada Kamis (29/4) malam tersebut membuat sekitar 141 rumah warga terendam banjir.

“Dan ada 50 unit rumah yang dapurnya hanyut dan rusak berat. Diperkirakan itu kerugiannya mencapai Rp1,5 milliar,” sebut Wali Nagari. (rdo/edw)