Terkait Informasi Penutupan Pasar Tradisional Ibuah, Ini Kata Kabid Pasar

oleh -4.990 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Pasca penutupan sejumlah pasar di Sumatera Barat, untuk memutus mata rantai Penyebaran Virus Corona atau Covid-19, menjadi keresahan tersendiri bagi sejumlah pedagang di Pasar Tradisional Ibuah Kota Payakumbuh. Mereka menduga penutupan pasar juga akan diberlakukan di daerah itu. Bahkan informasi penutupan pasar Ibuah juga telah berkembang ditengah-tengah pedagang, sehingga menjadi kekhawatiran bagi pedagang yang “mengantungkan” hidup mereka dari berjualan di Pasar itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang pedagang bernama Dodi (38). Menurut Dodi, informasi rencana penutupan sementara pasar Tradisional Ibuah telah berkembang sejak beberapa hari terakhir di daerah itu, sehingga banyak pedagang yang saling bertanya-tanya.

“iya, sejak beberapa hari terakhir dikalangan pedagang pasar Ibuah heboh dengan adanya informasi rencana penutupan sementara pasar. Kami tentu khawatir dengan hal ini, sebab pasar Ibuah adalah tempat kami menggantungkan hidup dal mencari nafkah.” Ucapnya Senin sore 20 April 2020.

Terkait keresahan pedagang di pasar Tradisional Ibuah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh, Dahler mellaui Kepala Bidang (Kabid Pasar), Arnel menyebutkan bahwa sejauh ini belum ada Intruksi untuk melakukan penutupan pasar, apalagi berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 20 Tahun 2020, pasar masuk dalam pengecualian dalam PSSB, sebab pasar tempat membeli kebutuhan hidup.

” Sampai saat ini belum ada Intruksi dari Pimpinan untuk menutup pasar. Untuk menjaga pasar tetap aman dan mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19, kita rutin melakukan penyemprotan Disenfektan dan melarang pedagang dan pengunjung yang masuk pasar tanpa menggunakan Masker.” Ucap Arnel.

Mantan Atlit pencak Silat itu juga menambahkan, kewajiban memakai masker saat masuk Pasar Ibuah itu telah berlangsung Sejak Kamis lalu, dan tingkat kepatuhan warga mencapai 95 persen.

” Alhamdulillah, tingkat kepatuhan mereka (pedagang dan pengunjung pasar.red) untuk menggunakan masker terus meningkat. Kita harap mereka mematuhi himbauan Pemerintah.” Tutupnya. (Edw).