Terkait Kasus Positif Pertama di 50 Kota, Ini Keterangan Tim Gugus Tugas

oleh -4.085 views

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Limapuluh Kota, Irfendi Arbi melalui Kepala Dinas Kesehatan, dr. Tien Septino didampingi Kalaksa BPBD,Joni Amir, Kadis Kominfo Fery Cova kepada wartawan melalui Konferensi Pers menggunakan Aplikasi Zoom, membenarkan bahwa salah seorang warga didaerah itu Positif Corona atau Covid-19.

Warga tersebut berinisial Y, pria (59) beralamat di Manggilang Kecamatan Pangkalan itu diketahui Positif Covid-19 setelah dilakukannya pemeriksaan Sampel di Unand Padang. Yang bersangkutan diketahui bekerja sebagai mekanik disalah satu toko elektronik di Kota Payakumbuh, dimana pemilik toko tersebut juga diketahui Positif Covid-19. Saat ini kondisi kesehatan Y dalam keadaan membaik.

“ Dari puluhan sampel yang kita kirim  ke Labor Unand di Padang, satu orang diantarannya diketahui Positif Covid-19. Warga kita ini berinisial Y dan kasus ini merupakan tranmisi lokal yang didapat di Payakumbuh.” sebut Tien, Sabtu  9 Mei 2020.

Tien juga menambahkan, terkait positifnya salah seorang warga itu pihaknya akan melakukan Tracking, dan akan melakukan Swab terhadap keluarga dekat Y.

“ Kita akan lakukan tracking dan akan melakukan Swab terhadap keluarga dekat yang bersangkutan. Untuk saat ini warga yang Positif itu (Y.red) masih menjalani Isolasi mandiri dirumah.” Ucapnya.

Nantinya warga Positif pertama Covid-19 itu akan di Karantina di Padang, namun sebelumnya terlebih dahulu dilakukan cek kesehatan untuk melihat apakah yang bersangkutan ada penyakit penyerta lainnya sebagai pertimbangan dalam mengambil tindakan.

Untuk melakukan percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota, Tim Gugus mengingatkan warga untuk tetap disiplin, tetap dirumah, pakai masker, jaga jarak dan patuhi Protokol Kesehatan. (Edw).