Terkait Penutupan Pasar Payakumbuh, Ini Edaran Walikota

oleh -1.351 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Mendukung penutupan Toko/Kios di Pasar Pusat Pertokoan Kota Payakumbuh yang mulai diberlakukan hari ini, Senin 4 Mei 2020, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran untuk menindaklanjuti Surat Permohonan Ikatan Pedagan Pasar Payakumbuh (IP3) perihal Penyemprotan dan Penutupan Pasar secara menyeluruh sampai tanggao 10 Mei mendatag.

Dalam Surat Edaran bernomor 23/GTPP-Covid-19/V-2020 tertanggal 3 Mei 2020 itu ditandatangani langsung Walikota Payakumbuh, Riza Falepi terdapat beberapa point, diantaranya : Penutupan Pertokoan/Kios Seputaran Pasar Pusat Pertokoan Blok Barat dan Timur, Penutupan Pertokoan/Kios Seputaran Jalan Eks. Bioskop Karya – Kawasan Toko Mas Tinggi (Kawasan Deretan Es Tebak Bahar). Dalam edaran itu terdapat 14 point terkait penutupan Pusat Pertokoan Kota Payakumbuh.

Mendukung Edaran tersebut, Pemko Payakumbuh juga telah melakukan pemasangan selebaran diberbagai tempat, baik di pusat-pusat keramaian, toko-toko di Payakumbuh maupun disampaikan menggunakan pengeras suara oleh Petugas Satpol-PP.

Dari pantauan dilapangan, dihari pertama tersebut masih terdapat pedagang yang membuka Toko-toko mereka, terutama pedagang yang  berada tidak juah dari lokasi toko salah seorang pedagang yang sebelumnya dinyatakan Positif Covid-19 oleh Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

Namun di Toko/kios yang berada Jalan Jend. Sudirman kesadaran pedagang untuk mematuhi Surat Edaran Walikota Payakumbuh untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terbilang cukup tinggi.

Sebelumnya, Riza Falepi melalui Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan penutupan pasar untuk mengantisipasi bertambahnya kasus Positif Covid-19 di daerah itu, sebab hingga Minggu sore 3 Mei 2020 jumlah kasus Postif Covid-19 terus bertambah, dari semula dua orang, naik menjadi 6 orang.

Hal tersebut diumumkan Rida Ananda saat digelarnya Konferensi Pers via Aplikasi Zoom dengan wartawan yang bertugas di Luak Limo Puluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota), Minggu sore 3 Mei 2020.

“ Saat dilakukannnya penutupan Pasar, kita akan lakukan pembersihan dan penyemprotan Disenfektan. Mohon dukungan dari warga semua.” Ucap mantan Camat dan Kepala Bappeda Kota Payakumbuh itu. (Edw).