Terkam Kambing Warga, Macan Dahan Mati Ditembak di Limapuluh Kota

oleh
Scranshoot video saat warga evakuasi macan Dahan yang diduga menerkam ternak warga. (Sumber: youtube Sudut Limapuluh Kota)

LIMAPULUH KOTA, Dekadepos.com

Macan Dahan menerkam ternak warga kembali terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota. Dua ekor kambing warga dilaporkan mati usai diterkam binatang ini pada Selasa (23/3) sekira pukul 22.30 Wib.

Kepastian matinya kambing itu disebabkan oleh Macan Dahan didapat setelah pemilik kambing bernama Nursal (75) bersama menantunya menyaksikan sendiri ternaknya diterkam pada malam kejadian.

Peristiwa ini juga dibenarkan walinagari Sarilamak, Olly Wijaya kepada wartawan pada Rabu (24/3). Menurutnya, setelah mengetahui kambing diterkam Macan Dahan warga bersama BKSDA Limapuluh turun memasang perangkap.

Sayangnya Macan Dahan yang menerkam kambing warga tersebut dilaporkan mati diduga ditembak dan dikeroyok warga.

Informasinya, saat perangkap di pasang, Macan Dahan ini muncul kembali dan memangsa kambing warga lain yang tak jauh dari lokasi kejadian yang mengakibatkan amarah warga.

“Satwa tersebut ditembak karena memakan ternak warga. Macan dahannya sudah tertangkap dan sudah dibawa BKSDA. Jadi, tadi malam kena tembak, yang menembak warga,” katanya Olly kepada wartawan.

Sementara itu, Kepala BKSDA Limapuluh Kota Martias saat dikonfirmasi juga membenarkan macan Dahan yang diduga menerkam kambing warga ini mati.

“Benar, terdapat luka tembak dan bacok ditubuh macan,” katanya.

Ia sangat menyayangkan matinya satwa dilindungi tersebut, apalagi masyarakat mengambil tindakan disaat petugas BKSDA ada di lokasi.

Setelah amarah masyarakat mereda, macan tersebut diambil alih oleh petugas BKSDA dalam kondisi kritis dan akhirnya dinyatakan mati Saat perjalanan menuju klinik hewan terdekat. (rdo)