Tiga Ranperda Disetujui DPRD Bukittinggi

oleh -181 views

Bukittinggi,Dekadepos.com.

DPRD Bukittinggi gelar rapat paripurna dengan agenda penandatanganan persetujuan bersama atas tiga ranperda. Rapat Paripurna  yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, H. Trismon bersama Yontrimansyah dan dihadiri Wakil Walikota H. Irwandi itu,unsur For kopimda, Anggota DPRD, SKPD, Niniak Mamak, Bundo Kan duang dan sejumlah un dangan itu,digelar di ruang sidang DPRD,Selasa (15/1).

Tiga Ranperda yang disetujui, terkait perubahan atas perda nomor 8 tahun 2006 tentang RPJPD Bukittinggi tahun 2006-2025. Kedua, perubahan kedua atas perda no mor 5 tahun 2013 tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga. Ketiga , Perda penge lolaan barang milik daerah.

Wakil Ketua DPRD Bukittinggi, H.Trismon, pada kesempatan itu menjelaskan, ketiga ranperda yang disetujui antara DPRD dan pemko Bukittinggi itu, sebelum nya telah dibahas melalui pansus yang bekerja sejak beberapa minggu terakhir. Dalam pembaha san itu, pansus juga melakukan  rapat koordinasi dengan mitra kerja yang hasilnya dapat diparipurnakan hari ini.

“Untuk perubahan atas perda nomor 8 tahun 2006 tentang RPJPD Bukittinggi tahun 2006-2025 bertujuan untuk penyempurnaan pemasalahan pembangunan dan isu strategis yang berkembang sesuai dinamika pembangunan, penetapan target dan sasaran kinerja RPJPD 2006-2025, penentuan indikator kinerja yang jelas dan terukur. Sasaran pokok dan arah kebijakan serta penahapan untuk mencapai misi dan mewujudkan visi pembangunan jangka panjang daerah,” jelas Trismon.

Untuk Ranperda perubahan kedua atas perda nomor 5 tahun 2013 tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga,dibahas guna menetapkan peraturan dae rah yang mengatur terkait upaya peningkatan PAD dibidang pariwisata, khusus nya dari retribusi dan tarif tempat rekreasi dan olah raga di Bukittinggi.ujar Tris mon .

“Sedangkan untuk Ranperda pengelolaan barang milik daerah disusun untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan barang milik daerah kepada masyarakat. Karena adanya beberapa aturan yang mengacu pada PP nomor 27 tahun 2014 , untuk itu perlu disusun kembali perda terkait, sehingga dapat diberikan kepasti an hukum dan ketertiban dalam pengelolaan barang milik daerah,” tambah H. Tris mon.

Sementara itu,Wakil Walikota Bukittinggi,H.Irwandi, menyampaikan apresiasi kepada anggota DPRD Bukittinggi yang telah melakukan pembahasan terkait tiga Ranperda yang disetujui hari ini. Ketiga ranperda itu dinilai sangat penting da lam perjalanan roda pemerintahan yang maksimal.

“Untuk perubahan Ranperda RPJPD berdasarkan adanya beberapa substansi, di antaranya, penyempurnaan terhadap gambaran kondisi umum daerah, pe nyempurnaan terhadap permasalahan pembangunan dan isu strategis, penetapan target dan sasaran kinerja,serta penyempurnaan arah kebijakan,” jelas Irwandi.

Perubahan perda nomor 5 tahun 2013, disesuaikan dengan inovasi  yang telah dilakukan Disparpora. Selain itu, sektor pariwisata menjadi tulang punggung pendapat an masyarakat Bukittinggi.

“Sedangkan Ranperda pengelolaan barang milik daerah tentunya dapat le bih menjadikan proses pengelolaan barang milik daerah secara profesional, trans paran, akuntabel, efisien mulai dari tahap perencanaan, pendistribusian, peman faatan dan pengawasannya,” tegas Wakil Walikota H.Irwandi.( Edis )