Tingkatan Kompetensi Sumber Daya Aparatur, Pemko Bukittinggi Kerjasama dengan LAN RI

BUKITTINGGI, dekadepos.com-

Pemerintah Kota Bukittinggi melakukan kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI). Kerja sama yang dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan ini, ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias dengan Kepala LAN RI Adi Suryanto di Jakarta, Selasa (10/3).

Melalui penandatanganan nota kesepakatan ini akan menjadi landasan hukum kerjasama yang lebih luas antara pemerintah kota Bukittinggi dengan LAN RI dalam hal kajian kebijakan, pelatihan dan pengembangan kompetensi inovasi ad ministrasi Negara serta pendidikan tinggi guna terwujudnya pembangunan yang inovatif.

Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan dan pendampingan yang diberikan LAN RI.

Menurut Walikota Ramlan Nurmatias, sebetulnya kerjasama antara LAN RI dengan Pemko Bukittinggi telah lama berjalan khususnya dalam peningkatan kompetensi sumber daya aparatur melalui kegiatan pendidikan dan latihan, baik itu pendidikan formal maupun diklat penjenjangan. Namun selama ini kerjasama tersebut belum diformalkan dalam bentuk Nota Kesepahaman atau per janjian kerjasama yang dituangkan secara tertulis.

“Dengan telah dinformalkannya kerjasama antara Pemerintah Kota Bukittinggi dengan Lembaga Administrasi Negara melalui penandatanganan Nota Kesepahaman pada hari ini, tentunya kerjasama yang telah dibangun selama ini akan semakin kuat dasar hukumnya, dan kegiatannya juga bisa lebih kita kembangkan lagi baik kuantitas maupun kualitasnya”, jelas Ramlan Nurmatias.

Dikatakan, dengan adanya kerjasama ini, kami berharap Lembaga Administrasi Negara tidak hanya membantu Pemerintah Kota Bukittinggi dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia melalui pendidikan formal dan diklat penjenjangan saja tapi juga dapat membantu dalam hal pengembangan inovasi-inova si daerah sesuai dengan potensi yang dimiliki. Mungkin telah banyak inovasi yang kami lakukan, tapi mungkin belum terstruktur melalui hasil penelitian dan kajian yang mendalam. Dan bisa jadi juga, masih banyak lagi inovasi yang belum mampu kami gali karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang kami miliki”, ungkapnya.

Untuk itu,sekali lagi kami berharap melalui kerjasama ini LAN RI dapat membantu serta memberikan penguatan kepada aparatur Pemerintah Kota Bukittinggi dalam hal pengembangan inovasi daerah sehingga semua potensi yang dimiliki dapat dikembangkan secara maksimal dan Kota Bukittinggi akan semakin mampu bersaing baik nasional maupun di dunia internasional, pungkasnya.

Hal yang akan dikerjasamakan sesuai dengan Nota Kesepa haman yang telah ditandatangani adalah menyangkut Kajian dan Inovasi Administrasi Negara, Kajian dan inovasi manajemen apa ratur sipil Negara, Pelatihan dan pengembangan kom petensi dan Pendidikan Tinggi serta bidang lain yang sesuai kesepakatan dengan memanfaatkan daya dan fasilitas yang ada dilingkungan para pihak. (Edis)