Tingkatkan Minat Baca, Bukittinggi Library Fiesta Ditabuh

oleh -41 views

Bukittinggi,Dekadepos.com.

Wakil Walikota Bukittinggi H.Irwandi membuka secara resmi Bukittinggi Lib rary Fiesta Tahun 2018 di Halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukit tinggi Belakang Balok sekaligus Perpustakaan Daerah Bukittinggi.Rabu (14/11).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Johnny mengatakan,Bukittinggi Library Fiesta tahun 2018 dilaksanakan dalam rangka menyongsong Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 234.Kegiatan ini sengaja dilaksanakan di depan perpustakanDaerah, karena masih banyak siswa yang belum tahu ada perpustakaan disini. Dan dilaksa nakan bulan November karena tanggal 3 Desember siswa akan ujian.ujar Johnny.

Dikatakan,Pemko Bukittinggi melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan te rus bergiat dalam mengembangkan budaya literasi dan menyelenggarakan pelaya nan perpustakaan sesuai amanat UU nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Budaya Literasi perlu terus ditumbuh kembangkan sebagai upaya untuk mencipta kan masyarakat melek literasi dengan melaksanakan berbagai kegiatan dan lomba pembudayaan literasi.

Kegiatan BLF yang dilaksanakan ini merupakan upaya bersama untuk mewu judkan budaya literasi di masyarakat dengan menumbuhkan kegemaranmembaca dan menulis serta kreatifitas yang dimiliki oleh anak-anak sekolah dengan menga dakan kegiatan. Seperti Lomba Puisi tingkat Sekolah Dasar, Lomba bercerita ting kat Sekolah Dasar,Lomba melukis Sekolah Menengah Pertama, Mendongeng, Stand Pameran yang diikuti oleh beberapa Komunitas Literasi, Sekolah, Perguruan Tinggi, Penerbit Buku dan Taman Bacaan Masyarakat dan Pergelaran Seni dan Budaya,termasuk Kota Padang Panjang ambil bagian dalam Pameran ini,tambah Johnny.

Wakil Walikota Bukittinggi H.Irwandi dalam sambutannya mengatakan kegi atan ini dilaksanakan tiap tahun dipusat kota, namun karena anggota perpustaka an belum seperti yang diharapkan, makanya diajak kesini. Irwandi berharap dan mengajak guru dan siswa agar menjadi anggota pustaka dan memanfaatkan per pustakaan kota. Pustaka dan meningkatkan minat baca anak adalah hal yang sang at penting dilakukan.Karena dari hasil survey, minat baca bangsa Indonesia bera da pada nomor urut dua terbawah dari 62 negara di dunia.

Menurut Irwandi sebetulnya minat baca kita cukup tinggi, tapi hanya lewat media sosial seperti WA. Dengan adanya Bukittinggi Library Fiesta banyak harap an yang terkembang dalam acara ini. Dengan Lomba Puisi tingkat Sekolah Dasar, Lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar, Lomba melukis Sekolah Menengah Perta ma , Mendongeng, Stand Pameran yang diikuti oleh beberapa Komunitas Literasi, Sekolah, Perguruan Tinggi, Penerbit Buku dan Taman Bacaan Masyarakat dan Pergelaran Seni dan Budaya.

Tujuan akhirnya,meningkatkan kecerdasan masyarakat. Pustaka tempat me nambah ilmu pengetahuan, media komunikasi dan media bersosialisasi. Kita tahu banyak tokoh nasional dalam perjuangannya mendapatkn referensi dari pustaka dan arsip yang ada. Tidak hanya memanfaatkan perpustakaan, dirumah tokoh pah lawan sendiri ada pustaka yang lengkap.Untuk itu,diharapkan dalam kegiatan BLF ini ada stand yang banyak yang dapat dikunjungi masyarakat dan siswa.
Pustaka juga jadi tempat membedah buku,sehingga kita bisa memaknai arti sebuah tulisan. Adakan juga lomba di pustaka. Di Pustaka Daerah ini ada 20 ribu buku dengan 5 ribu judul. Banyak hal yang bisa jadi manfaat pustaka. Bagaimana pustaka itu tidak hanya memajang buku,tapi juga dapat dimanfaatkan. Mari gerak kan guru dan siswa untuk datang, membaca dan meminjam buku. Bagaimana kita bisa membangun semangat membaca dan membangun kecintaan kepada buku. ujar Irwandi sembari berharap Taman Bacaan Masyarakat dapat lebih dikembang kan .Adakan lomba aktifitas TBM di kelurahan.Sehingga meningkatkan minat baca orang tua dan anak.

Bukittinggi Library Fiesta 2018 diharapkan menjadi wahana untuk tersebar nya ide-ide positif bagi kemajuan bangsa. Sangat diharapkan juga kalangan dunia pendidikan dapat memanfaatkan iven ini dengan baik. BLF memadukan unsur exh ibition dan education. Kegiatan ini dirancang sebagai sebuah festival literasi yang tidak hanya memberikan arena pendidikan yang mencerahkan,tetapi juga menja di hiburan bagi pengunjungnya. Kedepan diupayakan BLF menjadi iven tahunan Kota Bukittinggi.Tambah Irwandi (Edis)

No More Posts Available.

No more pages to load.