Tingkatkan Partisipasi Pemilih, PPS Nunang Daya Bangun “Jemput Bola”

Payakumbuh, Dekadepos.com

Meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif (Pileg) yang akan digelar pada April tahun 2019 mendatang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Nunang Daya Bangun Kecamatan Payakumbuh Barat melakukan sistim “Jemput Bola” dengan memfasilitasi pemilih baru yang tidak mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) untuk melakukan perekaman data di Kantor Kecamatan setempat di Kelurahan Tanjuang Pauah.

Jemput bola yang dilakukan tersebut bertujuan agar para pemilih baru atau pemula yang mempunyai hak pilih tidak kehilangan hak suaranya dalam memilih Presiden-Wakil Presiden, Anggota DPD, Anggota DPR-RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kota Payakumbuh nantinya. Jemput bola yang dilakukan oleh PPS yang diketuai Arian Fadhli bersama dua anggota Reni Novita serta Intan Karmela yakni dengan memfasilitasi sejumlah warga dengan mobil angkutan yang akan membawa mereka ke Kantor Camat untuk melakukan perekaman data.

“ Iya, kita ingin agar mereka para pemilih pemula yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) tidak kehilangan hak pilih, makanya kita fasilitasi untuk melakukan perekaman data di Kantor Camat, sehingga nantinya mereka juga bisa ikut berpartisipasi dalam Pileg 2019.” Sebut Arian Fadhli Selasa sore 7 Agustus 2018 diamini Reni Novita Sary dan Intan Karmela.

Arian Fadhli juga mengapresiasi sekretariat Kecamatan dan Ketua PPK yang mendukung terobosan yang dilakukan tersebut. Rekam data bagi pemilih baru yang berjumlah 63 orang tersebut dilakukan pukul 17.00 Wib hingga pukul 19.30 Wib dan telah berlangsung sejak beberapa hari terakhir.

“ Kita apresiasi Sekretariat Kecamatan dan Ketua PPK, Erinaldi S.H yang mendukung langkah yang kita lakukan, termasuk petugas perekaman data yang tetap sabar melayani perekaman meski diluar jam kerja.” Ujarnya.

Usaha yang dilakukan PPS Nunang Daya Bangun tidak terlepas dari dukungan ex pantarlih Kelurahan Nunang Daya Bangung (NDB) serta PPL NDB, Rina Suryani. Jumlah total pemilih di Kelurahan Nunang Daya Bangun mencapai 2.497 orang.

Ditempat terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, Heidi Mursal mengapresiasi langkah yang dilakukan PPS Kelurahan Nunang Daya Bangun dan jajaran dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

“ Tentu kita apresiasi dan dukung terobosan yang dilakukan PPS Nunang Daya Bangun dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Semoga Pemilu kita nantinya lancar dan partisipasi masyarakat bisa tinggi dibanding Pemilu-pemilu sebelumnya.” Ujar Heidi Mursal. (Edw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *