TMMD ke 107 Dipusatkan di Muaro Kaluai Sijunjung

oleh -44 views

Sijunjung, dekadepos.com

Dalam upaya meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, Kodim 0310/SS menggelar Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-107 Tahun 2020 di Pusatkan di Jorong Muaro Kaluai, Nagari Langki, Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat. Searah dengan keberhasilan pelaksanaan TMMD ke-107 tersebut, Kodim 0310 SS mengerahkan sebanyak 150 orang personil.

Hal tersebut dijelaskan Dandim 0310 SS Letkol Inf Dwi Putranto saat meninjau lokasi TMMD pada Sabtu (21/3/20). ”Dari 150 personil tersebut terdiri dari 110 orang anggota satgas, 15 orang kelompok Komando dan 25 orang asistensi teknis dari Pemerintahan,” jelasnya.

”Ini merupakan wujud pengabdian TNI, juga melibatkan Kementerian, lembaga pemerintah dan pemerintah daerah serta masyarakat khususnya meningkatkan kesejahteraan rakyat yang mana sasaran program di wilayah terisolir,” tambahnya.
Sasaran fisik dari kegiatan tersebut adalah penyiapan badan jalan dan pembukaan jalan kurang lebih sepanjang 10,2 km, jalan ini tembus ke Lubuak Tarantang, Kecamatan Kamang Baru.

Adapun yang menjadi sasaran fisik dari kegiatan tersebut adalah penyiapan badan jalan dan pembukaan jalan kurang lebih sepanjang 10,2 Km.

“Sasaran fisik dari TMMD ini adalah penyiapan badan jalan dan pembukaan jalan. Selain itu timbunan pilihan sirtu untuk badan jalan 3,200 M3, rehabilitas lantai jembatan 4 unit dan pembangunan gorong-gorong 18 unit,”.

Dwi menambahkan, “Daerah kita ini sangat rentan dengan cagar alam, dan Alhamdulillah kami selalu didampingi Dinas BKPSD Provinsi Sumatera Barat dengan penyuratan dan regulasi yang ketat,”.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini nantinya dapat menjadi perekat, serta meningkatkan kemanunggalan TNI rakyat dan juga masyarakat merasakan hadirnya TNI sampai ke pelosok Negeri.

Fungsional Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Amrizal menjelaskan untuk hasilnya sudah mencapai 56%, dan akan dilanjutkan dengan kegiatan dari Pemda Sijunjung berupa peningkatan jalan.
”Untuk langkah selanjutnya kami dari Pemda setempat akan adakan peningkatan jalan serta akan kami masukkan ke SK jalan dan pengembangan melalui rekonstruksi,” ujar Amrizal.

Mewakili masyarakat, Zulkarnaini Monti Marajo selaku Wali Nagari Langki, mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas kegiatan yang dipusatkan di Nagari Langki, pihaknya siap mensukseskan sekaligus membantu kegiatan tersebut.

”Alhamdulillah apa yang kami harapkan selama ini telah terwujud, Ini menjadi momen yang sangat berharga bagi kami,” ungkapnya.
”Selain pembukaan dan pelebaran jalan kami juga telah menerima bantuan seperti Alquran, semen dan perlengkapan sholat,” terangnya.

Zulkarnaini berharap bahwa melalui upaya ini, nantinya terjadi peningkatan hubungan antara dua kecamatan yang saling berbatasan, sekaligus mendukung peningkatan kegiatan perekonomian kedepannya, ”Dengan adanya jalan ini hubungan kami dengan Kecamatan Kamang Baru dapat menyatu , dan ekonomi kami lancar untuk kedepannya,” harapnya.(heru)