Positif Corona di Payakumbuh Nambah Lagi, Total Jadi 6 Orang

oleh -7.881 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Kasus Positif Corona atau Covid-19 di Kota Payakumbuh terus mengalami peningkatan, Setelah Penambahan Lima orang Positif Corona Atau Covid-19 di Kota Payakumbuh, kini jumlah kasus tersebut kembali bertambah 2 orang.

Namun untuk penambahan yang tiga orang sebelumnya, berkurang satu,  karena yang bersangkutan merupakan warga Kabupaten Agam, yang bolak-balik Kabupaten Agam (Baso.red) – Payakumbuh untuk mencari Nafkah sebagai pedagang Rokok. Pedagang Rokok berinisial J itu sebelumnya dimasukkan dalam Kasus Positif di Payakumbuh, namun karena yang bersangkutan beralamat di Kabupaten Agam, kasus tersebut kini tercatat masuk di Kabupaten Agam.

Penambahan kasus baru Positif di Kota Payakumbuh itu diumumkan Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh, Riza Falepi melalui Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bakhrizal kepada wartawan saat Konferensi Pers melalaui Aplikasi Zoom, Minggu sore 3 Mei 2020. Selain Kepala Dinas Kesehatan, juga ikut mendampingi Asisten III Pemko Payakumbuh, Amriul dt. Karayiang, Kadis Kominfo, Jhon Kenedy, Kepala BPBD, Yufnany Away, Kepala Kesbangpol, Budi Permana, Kabid Kominfo, Hermanto.

“ Iya, kasus kita bertambah dua lagi, keduanya berinisial D, satu beralamat di Payakumbuh Selatan dan Inisial D yang kedua di Air Tabit. Keduanya terpapar secara kontak dengan kasus yang pertama. Jadi kasus kita jumlahnya mencapai 6 orang, sebab yang satu sebelumnya masuk ke Kasus di Kabupaten Agam.” Sebut dr. Bakhrizal.

Ia juga menambahkan, penambahan dua kasus baru itu merupakan satu Kluster dengan H.EM yang pertama Positif Corona. ia juga menghimbau warga untuk menghindari kerumunan dan mematuhi aturan serta rajin cuci tangan.  

Seperti diberitakan sebelumnya, Kasus pertama Positif Corona atau Covid-19 diumumkan oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Kasus pertama tersebut dialami seorang pedagang berinisial H.EM yang merupakan warga Kecamatan Payakumbuh Selatan, tak berselang lama kasus kedua terjadi, anak dari H.EM berinisial AL yang sehari-hari beraktivitas di Pasar Payakumbuh juga diketahui Positif Corona, hal tersebut diketahui setelah petugas melakukan pemeriksaan dan tracking atau penelusuran terkait orang-orang yang pernah kontak dengan H. EM. Hasil pemeriksaan terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan H.EM disebutkan Kepala Dinas Kesehatan bahkan telah mencapai angka 80 Sample.

Setelah H.EM dan AL, kasus Positif kembali terjadi, tak tangung-tanggung tiga orang warga diketahui Positif setelah keluarnya hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas. Ketiganya juga diketahui beraktivitas di pasar Payakumbuh dan pernah kontak dengan H.E. ketiganya adalah, A (Tukang Ojek Pangkalan), E (Pedagang) serta J (Pedagang Rokok), untuk J belakangan masuk dalam kasus Positif Corona di Kabupaten Agam.

BACA JUGA: Beberapa Titik di Pusat Pasar Payakumbuh Bakal Ditutup

Untuk terus mengantisipasi bertambahnya jumlah pasien Positif di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menghimbau warga untuk mematuhi PSBB yang diberlakukan di Sumatera Barat sejak beberapa waktu lalu, selain itu warga juga diminta untuk melaporkan diri jika pernah kontak dengan orang-orang yang pernah kontak dengan warga yang Positif Corona itu. (Edw)

SIMAK VIDEO LENGKAPNYA