Tuntut Pembangunan Jalan, Ratusan Massa Geruduk Kantor Bupati 50 Kota

Limapuluh Kota, dekadepos.com

Ratusan warga Koto Tinggi, Kubang Balambak menggeruduk kantor bupati Limapuluh Kota, di Bukik Limau, Sarilamak, Senin (24/9). Mereka menuntut pembangunan jalan di daerah mereka yang tak kunjung dibangun Pemerintah daerah.

Bacaan Lainnya

“Setiap hari warga kami berhadapan dengan lumpur, bertahun-tahun menunggu pembangunan jalan namun tak kunjung ada kejelasan dari pemerintah daerah,”ujar Koordinator Surya Candra menyampaikan aspirasinya.

Sedikitnya, ada beberapa tuntutan yang di sampaikan masa tersebut saat berorasi. Diantaranya, masyarakat Koto Tinggi Kubang Balambak meminta melalui kepala daerah dan wakil rakyat di DPRD segera merealisasikan dana APBD yang sudah dianggarakan 1 Milyar di tahun 2018 ini.

“Tapi anggarannya sudah dianggarkan kenapa masih belum juga dikerjakan jalan kami. Untuk itu kami hadir disini untuk menagih janji bapak-ibu semua, karena kami butuh bukti bukan janji,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta agar Pemkab segera memberikan perhatian kepada Sungai Data dan Koto Tinggi Kubang Balambak yang jaraknya begitu dekat dengan pusat pemerintahan.

“Sudah 73 tahun Indonesia merdeka tapi jalan ke kampung kami masih saja jalan tanah, untuk itu kami perlu penjelasan kepala daerah ini. Jika keinginan kami tidak terealisasi tahun ini maka kami masyarakat Kubang Balambak, Koto Tinggi dan Sungai Data tidak akan ikut pemilu pada tahun 2019 karena kami kecewa dengan pemerintah,”ancamnya.

Kedatangan ratusan masa ini disambut, Asisten 2 Bidang Pemerintahan dan perekonomian, Fitma Indrayani, Kepala Dinas PU 50 Kota, Yunere Yunirman, Kepala Badan Keuangan, Irwandi.

Menurut kepala dinas PU, Yunire menyebutkan untuk pembangunan jalan tersebut, 980 juta tertuang untuk pembangunan Kubang Balambak, namun sayangnya sepanjang 3,3 kilo sampai dari titik awal pembangunan kondisinya sangat parah.

“Jadi untuk tahun ini, kita kerjakan dulu ruas jalan yang begitu parah yang panjangnya mencapai 3,3 Km, untuk kelanjutannya pembangunan fisik yang mencapai 980 juta kita lakukan tender pada tahun 2019,” ungkapnya.

Sedagkan secara anggaran, Kepala Badan Keuangan, Irwandi menyebutkan kepala dinas PU sudah menyurati tim anggaran daerah. “Konsep yang disampaikan sudah pada tahap penyususunan rancanangan APBD,” ungkapnya.

Dikatakannya, pihaknya sudah merencanakan pembangunan jalan ini sejak tahun 2016 lalu. “Tentunya dengan kemampuan keuangan kita, target kita 2021 ruas jalan Kubang Balambak ini selesai dibangun,” ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, ratusan masa tersebut masih bertahan dikantor bupati, mereka menuntut agar bisa bertemu langsung dengan Bupati Limapuluh Kota, beserta pimpinan DPRD lainnya. (edw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *