Unan, Manusia ‘Kaki Besi’ Diselamatkan Wabup Ferizal Ridwan

oleh -532 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Pak Unan, warga Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, adalah warga tidak mampu yang sudah lama hidup menderita akibat mengalami patah kaki karena kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang dialaminya beberapa tahun lalu.

Sejak musibah lakalantas itu, dia seakan tak berdaya lagi untuk bangkit dan berbuat banyak bagi keluarga dan bahkan untuk dirinya sendiri agar bisa keluar dari keterpurukan nasibnya itu.

Betapa tidak, sejak kasus laka lantas itu terjadi, Pak Unan, seperti kehilangan gairah hidup. Bahkan, laki-laki beranjak tua itu, pasrah meratapi nasibnya, karena kaki kanannya yang awalnya berpungsi sebagai menjaga kehidupan, kini tak berdaya lagi untuk melangkah menapaki masa depannya yang lebih cerah.

“ Sejak peristiwa lakalantas itu terjadi, kaki Pak Unan dipasang besi pen untuk penyangga tulang kakinya yang patah. Kondisinya, sungguh miris dan sangat memprihatinkan. Bayangkan, besi pen yang berpungsi sebagai penyangga kakinya yang patah itu, dipasang pada bagian luar,” ungkap Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, saat menjambangi laki-laki petani miskin itu ke Nagari Sialang, Kapur IX, pada bulan puasa lalu.

 

Ternyata, kedatangan Wabup Ferizal Ridwan menyambangi sejumlah warga miskin termasuk Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) ke Nagari Sialang beberapa waktu lalu itu, tak hanya sekadar aksi kemanusiaan yang ingin berbagi sembako saja.

 

Namun, lebih jauh dari itu, orang nomor dua di Kabupaten Limapuluh Kota yang akrap disapa Buya Feri ini, ternyata punya hati nan tulus untuk membantu orang-orang menderita agar bisa bangkit dari keterpurukannya, seperti halnya yang dialami Pak Unan.

 

“Bertahun-tahun hidup dengan julukan manusia ‘kaki besi’, Pak Unan tentunya sangat menderita. Untuk itu, kita harus menolongnya, agar Pak Unan bisa bangkit dari keterpurukan nasibnya,” ujar Wabup Ferizal Ridwan.

      

Naluri kemanusian dan panggilan jiwa untuk berbuat kebaikan atas nama kemanusian itu, Rabu (3/6/2020) dilakukan Wabup Ferizal Ridwan dalam bentuk nyata.

 

Buya Feri memerintahkan staf dan sopirnya untuk menjemput Pak Unan dan keluarga ke Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX untuk dibawa ke Payakumbuh, guna menjalani operasi untuk mencabut pen besi yang terpasang di kaki kanan laki-laki miskin itu.

 

“Alhamdulliah, Kamis (4/6/2020) pihak RSUD Adnan WD Payakumbuh sudah melakukan persiapan medical check up dan pra operasi. Selama menjalani perawatan, Pak Unan dan perwakilan keluarga difasilitasi tempat tinggal sementara,” ungkap Wabup Ferizal Ridwan yang langsung mendapingi Pak Unan ke RSUD Adnan WD Payakumbuh.

 

Diakui Buya Feri, jika kondisi kesehatan Pak Unan mendukung atau tidak ada penyakit lain, tim dokter spesialis ortopedi RSUD Adnan WD Payakumbuh segera melakukan operasi mengangkat besi pen yang menempel di bagian luar kaki kanannya itu.

 

“Kita berdo’a, agar kegiatan operasi yang diajalani Pak Unan berjalan lancar dan secepatnya diberi kesembuhan oleh Allah SWT, agar dia bisa hidup normal dan mampu menafkahi keluarga dan dirinya sendiri lagi,” pungkas Wabup Ferizal Ridwan. (ds)