Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Pilkada Bukittinggi Dimulai

oleh -129 views

Bukittinggi, dekadepos.com

Sebanyak 187 orang Tenaga Verifikator telah mulai melakukan Verifikasi Faktual lapangan di 24 Kelurahan yang ada di kota Bukittinggi untuk Dukungan Bakal calon Perseorangan Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Walikota/ Wakil Walikota Bukittinggi, Sabtu (27/6) kemaren.          

Faktual Lapangan yang dilakukan 187 tenaga Verifikator itu, terdiri dari 35 orang tenaga Verifikator untuk Verifikasi dukungan bakal calon Gubernur/Wakil Gubernur dan 152 orang tenaga Verifikator untuk dukungan Bakal calon Walikota/Wakil Walikota Bukittinggi. 

Pelaksanaan Verifikasi faktual lapangan itu juga  di monitoring langsung oleh 34 orang Komisioner dan Sekretariat KPU ditambah 15 orang PPK yang ada di Tiga Kecamatan di Kota Bukittinggi serta didampingi Tim Sukses masing masing Bakal calon Perseorangan tersebut.    

Ketua KPU Kota Bukittinggi, Heldo Aura seusai melakukan Monitoring, Sabtu (27/6)  kepada Dekadepos menyebutkan, hari pertama Verifikasi Faktual lapangan berjalan lancar,dan pelaksanaannya sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19.

Sedangkan dihari pertama Verifikasi faktual lapangan ini, ada dukungan yang Memenuhi Syarat (MS) dan ada juga yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Di samping itu juga ada beberapa dukungan ditemukan yang ganda, ungkap Heldo Aura.

Kemudian, Heldo Aura selaku Ketua KPU Bukittinggi menghimbau kepada warga pemilih yang memberikan dukungan kepada bakal Calon walikota/Wakil walikota Bukittinggi ataupun dukungan kepada bakal calon Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Barat dari perseorangan untuk bersiap siap menunggu kehadiran petugas Verifikator di rumahnya masing masing. 

”Pastikan, Apakah Bapak, Ibuk, Saudara Saudari pernah memberikan dukungan,” ujar Ketua KPU Heldo Aura.

Kepada Petugas Verifikator dilapangan diharuskan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19 sebagaimana yang diatur dalam ketentuan PKPU, kata Heldo Aura menambahkan setelah Verifikasi faktual lapangan Tingkat Kelurahan ini, pada tanggal 13 dan 14 Juli dilakukan Rekapitulasi tingkat Kecamatan.Tanggal 20 dan 21 Juli 2020 Rekapitulasi tingkat Kota Bukittinggi dan tanggal 22 dan 23 Juli 2020 Rekapitulasi dukungan untuk Provinsi.( Edis )