Wabup 50 Kota : Warga Yang Pulang Bepergian, Segera Periksakan Diri

oleh -209 views

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di pintu masuk Sumatera Barat di Kabupaten Limapuluh Kota, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan menghimbau perangkat Nagari hingga Jorong untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap orang yang datang/berkunjung ke daerahnya maupun warga pulang bepergian dari daerah lain, terutama dari daerah yang tengah terjangkit wabah yang telah banyak menelan korban jiwa itu.

Selain itu, mereka yang baru pulang bepergian dari daerah lain dihimbau untuk memeriksakan diri ke Puskesmas, Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, sehingga jika ada yang memiliki gejala-gejala seperti Corona bisa cepat diantisipasi ataupun ditangani. Hal itu dilakukan agar tidak ada warga yang terkena virus Corona yang telah menelan korban jiwa sampai puluhan orang itu.

Walinagari dibawah koordinasi Camat juga dihimbau untuk membentuk Unit Satuan Tugas atau Gugus Khusus dalam menghadapi ancaman Corona.

” Karena daerah kita cukup luas dan ada yang jaraknya cukup jauh dari ibukota Kabupaten, kita himbau Walinagari hingga Jorong untuk aktif melakukan pemantauan terhadap orang yang berkunjung ataupun warga yang baru pulang bepergian dari daerah lain, terutama dari daerah yang terjangkit virus Corona. Lakukan inventarisir dan rekomendasi mereka (yang datang dari daerah terjangkit/luar daerah.red) untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.” Ujar Ferizal Ridwan, Minggu sore 22 Maret 2020.

Pria yang akrab disapa Buya itu juga menambahkan, melakukan pencegahan lebih mudah dan baik daripada nantinya harus melakukan pengobatan. Dan yang tak kalah penting, Wabup juga mengingatkan warga untuk terus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

” Tentu lebih baik kita lakukan pencegahan dengan menerapkan PHBS. Walinagari juga kita dorong membentuk Unit Satuan Tugas dalam penanganan dan antisipasi Virus ini.” Ucapnya.

Beberapa hari sebelumnya, sebagai bentuk kesiapsiagaan daerah dalam menghadapi Virus Corona, Ferizal Ridwan melakukan peninjauan ke Rumah Sakit dr. Achmad Darwis di Kecamatan Suliki, selain meninjau langsung kesiapan petugas medis, sarana dan ruangan, Ferizal juga mendengar kendala dan kesiapan pihak dari rumah sakit yang disampaikan langsung oleh Direkrut Rumah Sakit plat merah itu. (Edw)