Wako Ramlan Tinjau Pemancangan Lokasi Pembangunan Pasar Atas

oleh -1.415 views

Bukittinggi,Dekadepos.com.

Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias bersama Sekda H.Yuen Karnova dan beberapa kepala OPD dilingkungan Pemerintah kota Bukittinggi meninjau dan sekali gus menyaksikan pemancangan areal yang akan dijadikan lokasi Pembangunan Pasar Atas.Pemancangan dilaksanakan Kamis (20/9) kemaren oleh Pelaksana pekerjaan PT. Brantas Abipraya.

Didalam hitungannya, Pasar Atas akan dibangun di atas lahan seluas 8000 me ter persegi. Dimana, nantinya akan dimulai dengan pembangunan basement, yang di perkirakan mampu menampung 234 kendaraan roda empat. Bangunan Pasar akan dibuat tiga lantai di luar basement, dengan jumlah 834 toko didalamnya.

Walikota Bukittinggi,H.Ramlan Nurmatias,pada kesempatan itu kepada wartawan menjelaskan, pemancangan yang dilaksanakan hari ini merupakan langkah untuk me nentukan titik koordinat. Dimana, bagian depan dari bangunan Pasar Atas dan titik akhir bagian belakang Pasar Atas itu sendiri.

“Pasar Atas ini dibangun dengan ukuran 174 meter x 48 meter. Setiap jengkal nya akan kita pantau terus. Karena Pasar Atas harus dibangun maksimal. Bahkan, Pasar Atas ini nantinya akan menjadi dasar percontohan di Indonesia, yang dibangun dengan konsep green building (gedung hijau),” ungkap Ramlan Nurmatias.

Selain menentukan titik koordinat,Walikota Ramlan Nurmatias juga langsung berkoordinasi dengan pihak PT.PLN, PT.Telkom dan juga UPTD. PDAM Tirta Jam Gadang.Koordinasikan yang dilakukan dilapangan itu terkait dengan sistem jaringan nantinya.Dimana Walikota menginginkan tidak adanya jaringan listrik ataupun Telok yang dipasang diatas.

“Tidak boleh ada kabel listrik PLN, telkom ataupun saluran PDAM yang melin tang di atas dan harus ditanam di bawah bangunan. Sehingga bangunan ini nantinya benar-benar aman dan nyaman baik bagi pedagang maupun bagi pengunjung,” tegas Walikota Ramlan Nurmatias.

Sementara itu,Joko dari pihak pelaksana menyebutkan,direncanakan, alat berat untuk pembangunan Pasar Atas ini, akan masuk di awal Oktober mendatang.Sedang kan untuk Ground breaking akan dilaksanakan pada minggu kedua Oktober 2018 dan dijadwalkan, akhir tahun 2018, sebagian basement sudah selesai dibangun.Sedangkan untuk selesai 100 porsen,sesuai kontrak Desember 2019.Namun kita dari pelaksana be rusaha semaksimal mungkin siap pada Oktober 2019.Sebab untuk mengerjakan Pasar Atas ini dilaksanakan secara 3 shif dalam sehari semalam.Artinya Pasar Atas ini dikerja kan siang malam.Ujar Joko.

Kemudian,selain melakukan peninjauan Pasar Atas,Walikota dan Sekda beserta Rombongan juga meninjau pekerjaan Pendestrian Jam gadang.Sekaligus mempertemu kan pelaksana Pekerjaan Pendestrian Jam gadang dengan Pelaksana Pembangunan Pasar Atas. Sebab Walikota menginginkan antara Pendestrian Jam gadang dengan Pa sar Atas merupakan satu kesatuan yang saling mendukung untuk keindahan kota Bukit tinggi.

“Saya minta kepada pelaksana pekerjaan Pasar Atas dan Pelaksana Pekerjaan Pendestrian Jam gadang untuk dapat saling berkoordinasi dalam membangun Pasar Atas dan Pendestrian Jam gadang .Sebab dua kegiatan ini saling terkait dan saling mendukung.Sehingga dengan saling berkoordinasi itu akan didapat hasil yang baik un tuk kota dan masyarakat Bukittinggi”,ujar Walikota Ramlan Nurmatias (Edis)