Walikota Ramlan Nurmatias Berkomitmen Meningkatkan Kualitas SAKIP Kota Bukittinggi

BUKITTINGGI, dekadepos.com-

Untuk membuktikan kesungguhan Pemko Bukittinggi dalam melakukan perbaikan tata kelola pemerintahan menjadi lebih baik dalam melakukan percepatan reformasi birokrasi. Sejumlah Kasubag Perencanaan dan Tim Koordinasi Sakip Pemko Bukittinggi mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) berkenaan dengan penyusunan dokumen perencanaan terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang digelar Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengem bangan Daerah (Bapelitbang) Bukittinggi pada tanggal 27 sampai 29 Februari 2020 di  Hotel Balairung Jakarta.

SAKIP Kota Bukittinggi telah dua tahun secara berturut-turut memperoleh predikat BB yang berarti dinilai baik oleh pemerintah pusat dalam hal komitmen penguatan tata kelola dan akuntabilitas pemerintahan.

Hal ini membuktikan Wali kota telah membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan dinilai sukses membawa kota Bukittinggi  memasuki era baru yang makin baik.

Kepala Bapelitbang Rismal Hadi mengatakan,pelaksanaan Bimtek ini meru pakan upaya untuk meningkatkan kualitas serta menindak lanjuti beberapa reko mendasi dari penilaian Sakip  tahun sebelumnya.

“pada bulan Maret ini kita akan  menyelesaikan LKIP baik tingkat SKPD mau pun tingkat Kota, untuk itu dalam tahapan penyusunan LKIP tahun 2019 ini perlu menindak lanjuti beberapa rekomendasi atas penilaian SAKIP tahun sebelumnya,” ujar Rismal Hadi.

Dikatakan,diadakannya Bimtek ini di Jakarta,karena terkait dengan tiga nara Sumber yang berasal dari tiga Kementerian yang sulit untuk menyatukan jadwal  nya untuk datang ke Bukittinggi.Untuk tidak terputusnya Bimtek itu,makanya diadakan di Jakarta,ujar Rismal Hadi.

Adapun ketiga Nara Sumber tersebut,Bahri,Direktur Pelak sanaan dan Per tanggungjawaban Keuangan Daerah, Kementeri an Dalam Negeri. Alex Oktavianus, Kasubdit  Pemantau,Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan,Kementerian PPN/ Bappenas Dan Komaruddin,asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijak an dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan,Kementerian  PAN-RB.

Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias dihadapan para peserta Bimtek, mengatakan,Pemerintah Kota Bukittinggi senantiasa berupaya meningkatkan kualitas SAKIP yang fokus pada pencapaian prioritas pembangunan Kota Bukittinggi melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien ,serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala.

Untuk itu diminta kepada peserta agar melakukan reviuw atas keselarasan antara kegiatan, program serta sasaran strategis untuk memastikan,seluruh penggunaan anggaran efektif untuk mencapai sasaran strategis.

“Kegiatan yang tidak mempunyai kaitan langsung dalam pencapaian sasa ran strategis tidak boleh lagi ada, kenapa kita harus menyusun banyak – banyak ke giatan tetapi tidak mempunyai dampak dalam mencapai tujuan dan sasaran pembangunan kota Bukittinggi, saya tegaskan kembali dalam penyusunan kegiatan harus mempunyai manfaat kepada masyarakat dan mendukung  pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan kota Bukittinggi,” ujar Walikota sembari  menginstruk sikan kepada kepala Bapelitbang agar mengintensifkan kembali pembahasan cas cading dan pohon kinerja SKPD.

Pada kesempatan itu,Walikota Ramlan Nurmatias berkomitmen terus untuk meningkatkan kualitas SAKIP Kota Bukittinggi, karena hal ini juga akan berpengaruh dengan DID yang diterima daerah, sebagaimana disampaikan tahun 2020 ini Pemko Bukittinggi meraih DID terbesar di Sumatera Barat yaitu  sebesar Rp.62,8 miliar yang salah satu penyumbangnya dari nilai SAKIP. kata Ramlan Nurmatias.

Kemudian,Walikota meminta kepada Tim Koordinasi SAKIP senantiasa meningkatkan kualitas evaluasi program secara berka la dan menyeluruh dengan ber fokus pada ketercapaian hasil program serta keterpaduan lintas SKPD, pada penya jian laporan kinerja diharapkan agar tidak hanya mengungkapkan pelaksana an kegiatan dan penyerapan anggaran saja namun dapat menggambarkan analisis pencapaian kinerja dan efektifitas program yang diemban oleh setiap SKPD.

“Saya yakin dan percaya Kasubag perencanaan mampu mengemban tugas ini dengan baik,  diharapkan koordinasi dalam penyusunan perencanaan pem bangunan daerah antar seluruh SKPD dapat berjalan dengan baik, sehingga tujuan pembangunan yang kita tetapkan dapat diwujudkan bersama,”  tambah Walikota Ramlan Nurmatias yamng didampingi Sekda H.Yuen Karnova dan Kepala Bappelit bang Rismal Hadi. (Edis)