Walnag Tabek: Tahun ini Jumlah Hewan Kurban Meningkat

oleh -37 views

Batusangkar, dekadepos.com 

Hewan kurban di nagari Tabek kecamatan Pariangan tahun 2019 berjumlah 32 ekor meningkat menjadi 38 ekor pada Idul adha 1441 H/2020 M. 

Hal itu dijelaskan wali nagari (Walnah) Tabek  Rispel M Noerdin kepada dekadepos.com, Rabu (5/8/20) di Batusangkar. 

Hewan kurban tersebut , kata Rispel, disembelih  secara kelompok dan perorangan di tempat ibadah, seperti,  mesjid, mushalla dan tempat Kediamannya.

Disebutkanya, dari 38 ternak kurban, mencakup, Sapi 35 ekor, satu ekor kerbau, dan dua ekor kambing. Di Mesjid syura disembelih lima ekor, Surau Cenang lima ekor, Surau Rangeh Ujung Titi dua sapi satu ekor kambing, Surau Gadang tiga ekor.

Kemudian, Mushalah Anduriang dua ekor, Surau Singkuang dua ekor, Mesjid Jambu lima ekor, Mesjid Abrar empat ekor, Mushala Alhikmah tiga ekor, Surau Sago satu ekor, Kampuang Baru satu ekor, Malayu dua ekor, dan dua ekor di Gaduang Batu atas nama pribadi.

Dengan jumlah ternak kurban di nagari Tabek, wali Rispel bersyukur, walaupun dalam era pandemi, ternak kurban mengalami peningkatan dari 32 ekor Menjadi 38 ekor di tahun 2020.Ini tentu   berhubungan dengan kesadaran beragama, dan berkurban masyarakat nagari Tabek cukup menggembirakan. (hatiar)