Warga Banjaloweh Keluhkan Jalan Rusak, Walinagari: Kami Sudah Kehabisan Upaya

oleh -358 views
Kondisi Jalan yang Rusak
Kondisi Jalan yang Rusak

LIMAPULUH KOTA,Dekadepos.com

Jalan kabupaten menghubungkan Nagari Banjaloweh dan Nagari KotoTangah, Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota, kondisinya benar-benar sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, di sejumlah titik sepanjang 3 kilometer badan jalan yang menjadi urat nadi ekonomi masyarakat itu mengalami kerusakan cukup parah dan kaya lobang.

Kerusakan jalan yang penuh lobang dan digenangi air itu, dirasakan langsung oleh Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, dan sejumlah wartawan Luak Limopluah yang ikut ke lokasi, Senin (13/4) guna mengantarkan bantuan sembako ke rumah warga kurang mampu terdampak virus Copid 19.


Wali Nagari Banjaloweh, Zamri kepada awak media mengaku sudah kehabisan daya upaya untuk memperjuangkan perbaikan jalan tersebut. Berbagai upaya sudah dilakukan pemerintahan nagari, baik melalui surat maupun lisan ke Pemkab Limapuluh Kota, melalui Dinas PUPR setempat.

Selain itu, pemerintahan nagari bersama pemuka masyarakat Banjaloweh sudah berkali-kali mengadu ke DPRD Limapuluh Kota, utamanya para wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Kecamatan Bukit Barisan dan Kecamatan Suliki

“Namun sepertinya, keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan yang saya sampaikan ke pihak-pihak terkait itu seperti dianggap angin lalu saja,”ungkap Zamri.

Diakuinya, dengan kondisi jalan rusak tersebut, sangat berpengaruh terhadap perputaran ekonomi sebagai penghasil pertanian dan perkebunan seperti, padi, tembakau dan karet.

Untuk mengangkut hasil bumi tersebut, termasuk dari nagari tetangga, Baruh Gunung, Sungai Naning dan Koto Tangah, lewat Banjaloweh akan membutuhkan biaya besar, akibat lalulintas kurang lancar.

Meskipun keluhan masyarakat tersebut tentang jalan rusak, sudah disampaikan langsung ke Wakil Bupati Ferizal Ridwan, Senin sore itu, namun orang nomor dua di Kabupaten Limapuluh Kota ini, tidak bisa memberikan kepastian kapan perbaikan jalan yang sudah rusak bertahun-tahun itu bisa diperbaiki kembali.

Dalam kesempatan itu, Walinagari Zamri mengharapkan, program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab, hendaknya merata di seluruh kabupaten. “Jangan sampai pilih kasih seperti halnya masyarakat bagian Utara yang mengalami sering terabaikan dalam berbagai aspek pembangunan.

Kepala Dinas PUPR Limapuluh Kota, Yunire Yunirman, yang coba untuk dihubungi di kantornya untuk konfirmasi sekaitan dengan jalan kabupaten yang rusak ini, kemarin, tidak berada ditempat. Begitu juga dengan Kabid Bina Marga Rilza Hanif yang bertanggung jawab terhadap pembangunan infrastruktur, belum bisa dihubungi. (edw)