Wishnutama : Indonesia Masih Aman dari Wabah Virus Corona, Silahkan Wisata

Nasional,dekadepos.com

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mempersilakan wisatawan asing untuk datang ke Indonesia. Sebab, kata dia, Indonesia saat ini masih aman dari wabah virus corona. “Kalau di Indonesia kan masih aman. Jadi please (silakan) datang ke Indonesia please wisata ke Indonesia,” kata Wishnutama di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2020) malam. Meski meminta wisatawan datang ke Indonesia, Wishnutama tetap meminta masyarakat waspada terhadap wabah virus tersebut.

Pemerintah juga terus waspada untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia. “Tapi kalau wisatawan datang monggo silakan sebanyak-banyaknya dan kita tahu sendiri kan kalau di kita kan aman,” ujar dia.

Sebelumnya, Wishnutama mengatakan, wilayah Bali, Batam, dan Bintan menjadi daerah yang paling banyak terdampak penurunan wisatawan akibat munculnya wabah virus corona di dunia. Menurut dia, penurunan jumlah wisatawan disana cukup signifikan. “Pasti Bali, Sulawesi Utara, Batam, Bintan,” ujar dia. Menurut Wishnutama, penurunan sangat signifikan mengingat banyak wisatawan China sebelumnya juga cukup banyak. “Belum lagi tren secara umum secara psikologis menurun begitu ya. Jadi kita berusaha meningkatkan,” kata dia.

Sekarang ini, menurut Wishnutama, pihaknya tengah berusaha menaikan wisawatan lokal. Caranya dengan memberikan diskon tiket pesawat dan hotel. “Kita akan buatkan insentif dan lain-lain dan sebagainya. Tapi itu nasih dalam pembahasan lebih detailnya bagaimana,” ucap Wishnutama.(*)

Sumber: Kompas