Wujudkan Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi, Babinsa Sertu Jafirman Sutan Mudo Turun ke Sawah  

oleh -74 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Ditengah mewabahnya virus corona atau covid-19, Koramil 05 Harau wilayah teritorial Kodim 0306/50 Kota melalui Babinsa Sertu Jafirman Sutan Mudo, pro aktif melakukan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat tani yang ada di Jorong Tarantang, Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, terutama untuk mewujudkan ketahanan pangan bersama masyarakat setempat.

Salah satu kegiatan ketahanan pangan yang dilaksanakan Babinsa Sertu Jafirman Sutan Mudo, adalah turun ke sawah melaksanakan panen padi bersama anggota Kelompok Tani Sejahtera di Nagari Tarantang, Rabu (22/7/2020).

Menurut Babinsa Sertu Jafirman Sutan Mudo, hasil panen padi yang dilakukan bersama anggota Kelompok Tani Sejahtera Nagari Tarantang dengan luas areal persawahan lebih kurang 1,1 hektar menghasilkan gabah atau padi sebanyak 6,2 ton.

“ Hasil panen padi milik Kelompok Tani Sejahtera Nagari Tarantang itu, kemudian dijual ke heler atau mesin gilingan padi milik Pak Ismail di Sarilamak, Harau dengan harga Rp6000,- perkilogram,” ungkap Babinsa Sertu Jafirman Sutan Mudo.

Diakui Babinsa Sertu Jafirman Sutan Mudo, sesuai dengan perintah dan arahan Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Kav.Ferry S. Lahe, jajaran Koramil 05 Harau bersama Babinsa diminta untuk terus aktif memberikan pendampingan, dukungan dan dorongan kepada masyarakat untuk meningkatkan sektor pertanian guna mewujudkan ketahanan pangan di daerah.    

“ Tujuan diadakannya program ketahanan pangan adalah melaksanakan program komando dalam rangka mengantisipasi kelangkaan bahan pangan berkaitan dengan wabah virus corona atau Covid-19 yang masih berlangsung dan belum tahu kapan akan berakhirnya,” ungkap Babinsa Sertu Jafirman Sutan Mudo.

Dorongan dan dukungan yang diberikan kepada masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan tersebut, ulas Babinsa Sertu Jafirman Sutan Mudo, tidak hanya sebatas sektor pertanian saja. Namun lebih jauh dari itu, pembinaan dan pendampingan untuk kegiatan ketahanan pangan seperti pembudidayaan kolam ikan dan bidang peternakan juga terus dilakukan kepada masyarakat.

“ Intinya, jika masyarakat tani mengalami kesulitan, terutama dalam kegiatan kelompok tani, pihaknya di bawah binaan Danramil 05 Harau siap membantu dengan segala upaya. Artinya, jika ada kendala, kami siap membantu mereka,” pungkas Babinsa Sertu Jafirman Sutan Mudo. (edw)