Wujudkan Solok Tanpa Rokok, Pemkab Sosialisasikan Perda KTR

oleh -653 views

SOLOK, Dekadepos.com

Pemerintah Kabupaten Solok menggelar acara Sosialisasi tentang Peraturan Daerah mengenai Kawasan Tanpa Rokok (KTR) bersama Tim Aliansi Bupati/Wali Kota Peduli KTR Dan Tim Kemenkes RI, bertempat di Ruang Solok Nan Indah, Kantor Bupati Solok pada Kamis (29/11) lalu.

Selain Bupati Solok, tampak hadir pada kesempatan tersebut antara lain Bupati Klukung I Nyoman Suwirta, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, dr. Cut Putri Ariani, M.Hkes, Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis, SE, Staf AHli Bidang Politik dan HAM Nofiarman, Asisten Koor Bidang Ekbangkesra, Aliber Mulyadi, Asisten Koordinator Bidang Administrasi, Raflis, para Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok.

Baca Juga: Spesialis Pencuri Elektronika Dibekuk Polres Bukittinggi, Satu Unit Mobil Diamankan

Dalam arahannya, Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, juga memberi apresiasi kepada Bupati Klungkung yang telah berhasil menjadikan daerahnya sebagai kawasan tanpa rokok (KTR). Untuk itu bupati mengajak seluruh ASN dan staf di Kabupaten Solok untuk berusaha mengurangi rokok dan menjadi perokok pasif. “Kita patut belajar kepada daerah dan pemimpin Klungkung Bali, yang sukses melaksanakan KTR di daerahnya, termasuk tidak menerima dan memasang iklan dan spanduk rokok di Klungkung. Untuk itu, melalui Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, agar kita juga gencar melakukan sosialisasi bahaya merokok, baik di lingkungan pemerintahan, sekolah dan laingkungan masyarakat umum, yang bisa mengganggu kesehatan pribadi dan orang lain,” ujar Bupati Gusmal.

Pihaknya juga meminta, agar para Kepala Dinas, Kabid dan Kasi, agar ikut mensukseskan KTR ini, dengan memulai tidak merokok di ruang kerja dan perkantoran. “Mari kita menjadi contoh bagi saudara kita yang lain agar program dan Perda KTR ini bisa berjalan sukses,” jelas H. Gusmal.

Baca Juga: Kejari Bidik Dugaan Korupsi Satu Paket Proyek Dilingkungan Pemkab Limapuluh Kota

Salah seorang narasumber yang juga sukses menerapkan Perda KTR di Indonesia, adalah Bupati Klungkung, Provinsi Bali, yakni , I Nyoman Suwirta, yang ikut menjadi pembicara pada acara sosialisasi kampanye Kabupaten Solok dalam penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).