Yulman Hadi: Tunggu Keputusan DPP

oleh -757 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com –

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya Propinsi Sumatera Barat, Yulman Hadi, tidak menampik jika saat ini partai berlambang pohon beringin besar itu akan mengusung Bupati Solok, Gusmal Datuak Rajo Lelo, maju sebagai bakal calon Gubernur Sumatera Barat yang akan berlaga Desember 2020 mendatang.

“ Secara resmi DPD Partai Golkar Sumbar sudah memberikan rekomendasi untuk Gusmal maju sebagai balon Gubernur. Saat ini tinggal menunggu keputusan dari DPP Partai Golkar,” tegas Yulman Hadi.

Yulman Hadi juga menyatakan, munculnya nama Bupati Limapuluh Kota Ir. Irfendi Arbi sebagai balon Wakil Gubernur diisukan akan mendampingi Gusmal sebagai balon Gubernur, secara peta wilayah tentu sangat menguntungkan bagi Gusmal-Irfendi.

“ Gusmal putra Solok Raya, sementara Irfendi putra Luak Limopuluah, maju berpasangan sebagai balon Gubernur dan balon Wakil Gubernur Sumbar, secara politik ke duanya sangat diuntungkan karena tidak ada figur dari ke dua daerah itu yang muncul sebagai balon Gubernur dan balon Wakil Gubernur Sumbar,” ungkap Yulman Hadi.

Artinya, ulas Yulman Hadi, jika nanti pasangan Gusmal-Irfendi Arbi benar-benar mendapat restu dari DPP Partai Golkar berkoalisi dengan PDI-P maju sebagai pasangan balon Gubernur dan balon Wakil Gubernur Sumbar, secara kedaerahan diprediksi masyarakat Solok Raya (Kabupaten Solok, Kota Solok dan Solok Selatan) dan masyarakat Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) akan memberikan dukungan untuk Gusmal-Irfendi.     

DUKUNGAN MULAI MENGALIR

Kendati pun kepastian Gusmal-Irfendi Arbi maju sebagai pasangan balon Gubernur dan balon Wakil Gubernur Sumbar masih menunggu keputusan DPP Partai Golkar dan DPP PDI-P, namun sejumlah dukungan untuk Gusmal-Irfendi mulai mengalir.

Seorang pemangku adat di Kabupaten Limapuluh Kota, Syaiful Hadi Datuak Bagindo Bosa Nan Kayo yang juga Sekretaris Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sariak Laweh, Kecamatan Akabiluru,  menyatakan  sikapnya akan berjuang untuk memenangkan pasangan Gusmal-Irfendi Arbi.

“Jika benar, Irfendi Arbi maju sebagai cawagub Sumbar berpasangan dengan Gusmal sebagai cagub, saya akan berjuang mati-matian untuk memenangkan Gusmal-Irfendi,” ujar Sekretaris Umum Pelaku Penggiat Seni Tradisi Minangkabau Sumbar (PPST) itu berkomentar.

Diakui Wakil Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKL) Kota Payakumbuh itu, muncul nama Irfendi Arbi sebagai cawagub Sumbar, ini suatu kebanggaan bagi masyarakat Luak Limopuluah.

“ Sudah saatnya putra Luak Limopuluah didukung untuk menjadi pemimpin di Sumbar. Kapan lagi putra Luak Limopuluah maju calon pemimpin di Sumbar. Tapuak dado tanyo salero. Kiasannya, kalau ada putra Luak Limopuluah yang maju dalam dalam Pilgub Sumbar, kenapa orang luar yang kita pilih,” ” pungkas Wakil Ketua Ikatan Keluarga Besar Sariak Laweh (IKBS) Kota Payakumbuh itu lagi. 

Dukungan yang sama juga disampaikan Wakil Ketua Kaderisasi PDI-P Kota Payakumbuh, Agustian Amirlius. Tokoh yang akrap disapa Caang itu mengaku, jika DPP PDI-P memberikan amanah kepada Irfendi Arbi maju sebagai wacagub Sumbar mendampingi Gusmal sebagai cagub, warga Kota Payakumbuh pasti akan memberikan dukungan. (ds)