Pemko Bukittinggi Optimis Rebut Piala Wahana Tata Nugraha

Bukittinggi.Dekadepos.com

Walaupun sistim penialian Wahana Tata Nugraha (WTN) berubah, namun Kota Bukittinggi optimis merebut Piala Wahana Tata Nugraha tahun 2019. Sebab dari 5 bidang penilaian, kota Bukittinggi terus meningkatkan sarana dan prasarana penunjangnya.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bukittinggi, Melwizardi kepada Dekadepos,Jumat (26/4) sore diruang kerjanya.

Dikatakan, Penilaian Wahana Tata Nugraha  tahun ini, ada perbedaaan deng an tahun tahun sebelumnya. Kalau sekarang, Tim Penilai dari Kementerian Perhubungan RI, mengirimkan Blangko Isian yang terkait dengan penilaian WTN, dan kita di daerah tinggal mengisinya  dan kirim kembali ke Pusat.

Kemudian, Tim Penilaian turtun kedaerah untuk men cocokan isian itu dengan kenyataannya dilapangan, sekaligus menilai pelaksanaannya dilapangan. Kata Melwizardi menambahkan Piala yang diperebutkan sekarang hanya satu yaitu Pia la Wahana Tata Nugraha (WTN),kalau sebelumnya Piala WTN diberikan perbidang . Artinya, mulai tahun 2019 ini, daerah yang mendapat penilaian WTN hanya mem peroleh Piala atau penghargaan,sambung Melwizardi.

Kota Bukittinggi dalam Penilaian ini sudah masuik Fase ke 3 bersama 16 Ka bupaten/Kota lainnya di Sumatera Barat .dan telah melakukan Presentasi di Jakarta beberapa waktu yang lalu, bersama150 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia dari 450 Kabupaten/Kota pada awalnya yang masuk penilaian WTN.kata Melwizardi.

Dari Persiapan yang kita lakukan dalam rangka peni laian WTN ini, dan ditambah upaya yang kita lakukan dalam 5 bidang penilaian,seperti Bidang Umum, Bidang Sarana Transportasi darat, Bidang Prasarana darat, Bidang Angkutan dan Bidang Lalulintas.

Bidang Umum, kita di Bukittinggi memiliki kegiatan unggulan yang dapat menjadi nilai tambah dalam penilaian WTN.Sepereti, Kegiatan Car Free Day, Kemudian kita  mengadakan Penyediaan jalur Sepeda. Pelebaran beberapa trotoar guna kenyamanan pejalan kaki dan penyandang Disa bilitas. Pelebaran Pendesterian Jam gadang. Hampir disetiap Sekolah di Bukittinggi yang berada dijalan Utama memiliki Zone Selamat Sekolah.Dan banyaknya Taman Kota yang dapat menunjang Keterti ban lalulintas serta Penyediaan Gedung Parkir berbasis Komputer.

Disamping itu melakukan Sosialisasi dan penyuluhan Keselamatan ke seko lah sekolah. memberikan Abdi yasa Teladan bagi Pengemudi Angkutan Kota, dan menjalin kerja sama dan koordiansi yang baik dengan instansi terkait, seperti ,dengan Polri, TNI dan Satpol PP. Sehingga dari upaya yang kita lakukan itu Ketertiban dan kedisiplinan dalam berlalulin tas sudah meningkat, kata Melwizardi.

Dibidang Sarana Transportasi Darat. Bukittinggi memiliki 1  gedung uji dibawah Pengawasan UPTD Pengujian kendaraan bermotor guna pelayanan Uji Berkala Kendaraan Wajib Uji. Pada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor itu terda pat 12 alat uji. Semuanya berfungsi dengan baik. ungkap Melwizardi menambahkan untuk tenaga penguji ada sebanyak 5 orang, dengan lama uji untuk 1 kendaraan lk 25 menit, dengan rata rata 15 kendaraan perhari.

Bidang Prasarana darat, Kota Bukittinggi memiliki 1 terminal Tipe C dan 1 terminal Tipe A Simpang Aua atau Aua Kuning (BPTD Wil III Sumbar).Pengawasan terminal itu ber ada dibawah UPTD Terminal dan Parkir. selain itu Bukittinggi juga punya 11 unit Halte yang tersebar didalam kota serta Kendaraan Angkutan Kota dan Angkutan Pedesaan diwajib kan menaikan dan menurunkan Penumpang di terminal yang sudah dilengkapi dengan Rambu serta Petugas untuk mengarahkan kendaraan, kata Melwizardi lagi

Dibidang Angkutan,….

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *